Thursday, October 4, 2018

Word Processing (SmartArt/pertemuan11)

Smart Art

SmartArt sebenarnya merupakan gabungan dari shape dan teks yang berpola tertentu (diagram).
Fungsi SmartArt umumnya untuk menggambarkan suatu konsep tertentu seperti proses kerja,
siklus, hirarki, atau hubungan.


Memasukkan SmartArt
1. Pada tab Insert, group Illustrations, klik tombol Insert SmartArt Graphic

2. Pada jendela yang muncul, pilih model SmartArt yang diinginkan

3. Klik OK.
 


Memasukkan Text dan Atau Gambar ke dalam SmartArt

SmartArt bisa berisi teks saja atau gambar saja atau teks dan gambar sekaligus. Tidak semua model
SmartArt mendukung gambar, hanya group model picture saja.
Untuk memasukkan sebuah teks, caranya:1. Klik pada SmartArt, 

2. Lalu klik teks [Text]
3. Ketikkan teks yang ingin dimasukkan
Atau
1. Klik pada SmartArt,
2. Pada tab Design, group Create Graphic, pilih Text Pane
 

 

3. Maka akan muncul panel text,


4. Masukkan text


5. Selesai
 


Untuk memasukkan sebuah gambar, caranya:1. Klik SmartArt
2. Klik ikon gambar


3. Pada jendela yang muncul, pilih gambar yang ingin dimasukkan, dan klik Insert
 

4. Lakukan untuk gambar lainnya.
5. Selesai.
 



Memformat SmartArt

Sama dengan gambar dan shape, kita bisa melakukan format SmartArt. Caranya dengan
menggunakan menu-menu yang disediakan pada tab Design dan Format.


DesignPada tab Design kita bisa mengubah layout, warna, style, posisi gambar dan text 

Misal:
- Layout : tetap
- Warna: Colorful Range – Accent Color 3 to 4


- Style : Metalic Scene,


- Posisi gambar dan text : Right to Left
 


Berikut ini hasilnya:

FormatPada tab Format kita bisa mengubah bentuk shape, format shape, dan ukuran shape. Disamping itu,
kita juga bisa mengubah format serta posisi text.
 



Chart

Chart digunakan untuk menyajikan data dalam bentuk gambar sehingga lebih mudah untuk
dipahami. Ms Word menyediakan berbagai macam jenis chart yang bisa kita pilih dan format sesuai
dengan keinginan kita.


Membuat ChartCaranya:
1. Pada tab Insert, group Illustrations, pilih Chart



2. Pada jendela yang muncul, pilih salah satu model chart kemudian klik tombol OK



3. Maka pada layar akan ditampilkan dua jendela yang saling berdampingan, yaitu Ms Word
dan Ms Excel.


Data dari chart kita masukkan pada jendela Ms Excel, tampilan chartnya akan dimunculkan
pada jendela Ms Word atau dokumen kerja kita.
4. Masukkan data pada jendela Ms Excel
  



5. Jika sudah, tutup jendela Ms Excel.
6. Selesai
  


Memformat Chart

Ada 3 tab yang bisa kita gunakan untuk memformat chart, yang tergabung dalam Chart Tools, yaitu
Design, Layout, dan Format.


Tab DesignTab ini digunakan untuk mengubah model chart, memilih dan mengedit data chart pada Ms
Excel, serta mengubah style chart
  


Tab LayoutTab ini digunakan untuk :
1. Menambahkan gambar, shape, dan teks
2. Melengkapi atribut chart seperti judul, legend, label
  
3. Memasukkan trendline



Tab FormatTab ini digunakan untuk mengubah format teks, format shape yang menyusun chart, serta
posisi teks,
  

Header & Footer

Word juga menyediakan fitur untuk membuat header dan footer suatu halaman dalam dokumen.
Perintah tersebut bisa kita dapati pada tab Insert | group Header & Footer. Anda bisa memilih
model tampilan header / footer yang telah disediakan atau membuat sendiri.
Untuk tingkat lanjut misalnya membuat header dan footer yang berbeda pada setiap bab dokumen,
maka sebaiknya Anda memahami section yang telah dibahas pada bagian sebelumnya serta
memahami penggunakan quick part yang akan dibahas pada bagian selanjutnya.

Menggunakan Konten Berulang

Word mengenalkan istilah baru yaitu Quick Part merupakan tool yang berfungsi untuk
menambahkan komponen tertentu ke dalam dokumen dengan cepat. Komponen tersebut yaitu:

a. Auto TextTeks atau kalimat yang sering digunakan sebaiknya disimpan dalam Quick Part, agar jika suatu saat
diperlukan, bisa ditampilkan kembali dengan cepat.

Menyimpan Teks ke Quick Part1. Select teks yang ingin disimpan, misal:  

Menggunakan Auto TextTab Insert | Quick Parts | Auto Text, lalu pilih teks yang tersedia

b. Document PropertyDigunakan untuk memasukkan variabel property dokumen seperti: abstaksi, penulis, judul
dokumen dll.

c. FieldHampir sama dengan document property, namun lebih lengkap lagi.

d. Building Block OrganizerFungsinya untuk mengelola galeri konten. Galeri konten bisa juga disebut sebagai model konten
seperti model cover, model penomoran halaman, model header & footer, model watermark. Dengan
adanya galeri konten ini maka jika dikemudian hari kita akan membuat konten tertentu maka kita
cukup memanggil konten tersebut dari galeri konten. Konten dalam Galeri konten ada dua macam,
yaitu built in (bawaan Ms Word) dan hasil tambahan dari user.

Menampilkan Building Block Organizer:Pada menu ribbon, pilih tab Insert > Quick Parts > Building Block Organizer  








Title: Word Processing (SmartArt/pertemuan11); Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment