Thursday, August 1, 2013

Penggolongan Komputer Berdasarkan Data yang diolah, Penggunaan, Generasi, Bentuk dan Ukuran

Ada tiga jenis komputer yang tergolong berdasarkan data yang diolah, yaitu:
1. Komputer Analog
Komputer Analog adalah komputer yang digunakan untuk mengolah data kualitatif, bekerja secara kontinu dan pararel. Komputer jenis ini biasanya tidak memerlukan bahasa perantara. Contoh dari Komputer ini adalah komputer yang digunakan untuk mengukur suhu, kecepatan suara, dan voltase listrik.
2. Komputer Digital
Komputer Digital adalah komputer yang digunakan untuk mengolah data kuantitatif seperti huruf, angka, kombinasi huruf dan angka, serta karakter khusus. Biasanya komputer ini memerlukan bahasa perantara (bahasa pemrograman). Salah satu contoh dari Komputer digital adalah PC (personal computer).
3. Komputer Hybrid
Komputer Hybrid merupakan kombinasi antara komputer analog dan komputer digital. contoh dari komputer ini adalah faksimile.

Penggolongan komputer menurut penggunaannya.

1.Komputer untuk tujuan umum (general purpose computer)
Komputer untuk tujuan umum adalah komputer yang digunakan secara umum. Maksudnya? Komputer ini adalah komputer yang biasa kita temukan atau yang biasa kita gunakan sehari-hari. misalnya komputer yang digunakan untuk mengetik, mengolah data perhitungan, mengolah data grafis, mengolah database, dan lain sebagainya. Contoh dari Komputer ini adalah PC dan Laptop.


2. Komputer untuk tujuan khusus (Special purpose computer)
Tunggu dulu deh sebentar. Memang ada ya komputer untuk tujuan khusus? bagaimana sih maksudnya?
Oke, begini maksudnya. Special purpose computer adalah komputer yang digunakan secara khusus dan mempunyai satu fungsi saja. Hayo! makin bingung kan?. Maksud mempunyai satu fungsi saja itu adalah komputer tersebut tidak digunakan untuk pekerjaan yang biasanya. Contohnya adalah Komputer SERVER, PC router, atau terminal dumb. kalau masih bingung, lihat gambar dibawah ini.
Penggolongan Komputer Berdasarkan Generasi
Komputer Generasi Pertama dimulai pada tahun 1940 sampai 1956. Komputer generasi ini menggunakan tabung hampa udara (Vacumm) sebagai sirkuit dan drum magnetik sebagai memorinya. Komputer tersebut berukuran sangat besar, sampai-sampai bisa 1 ruangan gedung kantor. Drum Magnetik disini berupa silinder logam yang dilapisi dengan bahan besi oksida magnetik sebagai tempat menyimpan program dan menyimpan data. Didalam drum tersebut terdapat track yang fungsinya mengatur seluran yang terletak disekitar lingkaran drum. Dalam 1 drum dapat memiliki hingga 200 track. Kecepatan putar drum bisa mencapai 3.000 rpm. Perangkat baca/tulis akan menghasilkan bintik magnet pada drum selama operasi menulis dan mengejanya saat operasi membaca. Cara kerjanya ini mirip dengan cara kerja kaset magnetik atau disk drive.

Gambar tabung hampa udara yang digunakan untuk sirkuit
Untuk mengoperasikan Komputer Generasi Pertama, perlu biaya yang sangat malah. oleh karena nya pada saat itu komputer ini hanya dimiliki oleh pemerintah dan perusahaan besar. selain itu, komputer ini memerlukan daya listrik yang besar. tabung hampa udara tersebut akan menghasilkan panas yang tinggi sehingga sering menyebabkan kesalahan.
Komputer generasi pertama ini menggunakan bahasa mesin untuk beroperasi, karena hanya bahasa mesin yang dapat dipahami oleh komputer. walaupun bentuknya besar akan tetapi komputer ini hanya bisa menyelesaikan satu pekerjaan dalam satu waktu.
Bahasa mesin sangat sulit dipahami oleh manusia karena hanya terdiri dari nomor-nomor pemrograman saja. Oleh karena itu,digunakanlah bahasa tingkat tinggi yang dikenal dengan bahasa Assembly. Bahasa Assembly adalah bahasa yang isinya berupa instruksi yang sama dengan bahasa mesin. Akan tetapi bisa lebih dimengerti oleh manusia karena instruksinya sadah memiliki nama dan setiap CPU mempunyai bahasa mesin yang berbeda (Unik). seorang programmer harus menulis ulang program untuk menjalankan pekerjaan yang lain apabila pekerjaan yang sebelumnya telah diselesaikan oleh komputer ini.
Komputer ENIAC (Elektronic Numerical Integrator And Computer) dan Komputer UNIVAC (Universal Automatic Computer) adalah contoh komputer pada generasi pertama. ENIAC merupakan komputer digital pertama di dunia elektronik, yang dikembangkanoleh angaktan bersenjata  Army Ordnance untuk menghitung tabel tembak balistik pada saat perang dunia ke 2 (PD 2). ENIAC memiliki berat yang sangat berat, sekitar 30 ton, menggunakan 200 kilowatt daya listrik dan membutuhkan sekitar 18.000 tabung hampa udara yang mana, apabila aka tabung yang pecah, maka harus segera diganti. Selain itu, ENIAC terdiri dari 1.500 relay dan ratusan ribu kapasitor, resistor, dan induktor. 
Selain digunakan untuk menghitung tabel balistik, ENIAC juga digunakan untuk penelitian, seperti memprediksi cuaca, kalkulasi energi atom, studi sinar kosmis, pengapian termal, studi acak nomor, desain terowongan angin dan studi-studi lainnya. Sistem kerja dari ENIAC yaitu dengan menggunakan sebuah penghitung yang berbentuk cincin yang mempunyai 10 posisi. Perhitungannya dilakukan dengan menghitung pulsa dan membuat pulsa baru apabila counternya sudah kembali ke posisi semula. sistem kerjanya meniru sistem roda digit pada mesin penghitung mekanis (mechanical machine). Kelebihan dari ENIAC ini adalah dapat melakukan penghitungan cepat, seperti dapat melakukan operasi penambahan dalam waktu 200 milidetik, perkalian dalam 3 milidetik, dan pembagian dalam waktu 30 milidetik. sungguh cepat bukan untuk komputer yang boleh dibilang masih jadul (primitif) ini?.
walaupun demikian, ENIAC memiliki banyak kelemahan, seperti harus diatur ulang kabelnya untuk melakukan program/perintah yang baru. Selain itu tabung hampa udara mudah sekali panas dan pecah.
UNIVAC merupakan komputer komersial pertama yang diguakan oleh Biro sensus Amerika pada tahun 1951. ENIAC dan UNIVAC  berakhir karena manusia memerlukan komputer yang lebih cepat dan lebih kecil ukurannya.
Dengan demikian, bisa kita simpulkan Ciri-ciri komputer generasi pertama:
  • menggunakan tabung hampa udara yang cepat panas dan mudah pecah sebagai sirkuit
  • berukuran sangat besar
  • memerlukan daya listrik yang besar
  • drum magnetik sebagai memory. 
Komputer Generasi kedua ada sekitar tahun 1956-1963. pada saat itu komputer tidak lagi menggunakan tabung hampa udara. Ciri khas dari komputer generasi kedua ini adalah menggunakan transistor sebagai pengganti tabung hampa udara yang bentuknya lebih kecil dan lebih tahan panas. Kenapa transistor ini bisa tahan panas? karena transistor disini menggunakan bahan semikonduktor. transistor sebagai pengganti tabung digunakan untuk menguatkan sinyal pada sirkuit.
Awal penciptaannya terjadi tada tahun 1947 yang terletak disebuah labolatorim yang bernama labolatorium Bell. walaupun sudah ditemukan pada tahun 1947, akan tetapi penggunaannya baru digunakan pada tahun 1950-an. Microprocessor yang ada saat ini adalah hasil pengembangan dari transistor ini dengan menggabungkan jutaan bahkan puluhan juga transistor microskopis dalam 1 microprocessor.
Komputer generasi kedua ukurannya lebih kecil dari komputer generasi pertama. selain itu dapat menghitung lebih cepat, lebih hemat energi, lebih murah dan lebih dapat diandalkan. walaupun demikian, komputer generasi kedua masih menggunakan kartu berlubang sebagai input dan output. pada masa ini, komputer tak lagi menggunakan bahasa mesin. akan tetapi sudah menggunakan bahasa yang lebih bisa dimengerti oleh programmer. bahasa COBOL dan FORTRAN adalah bahasa pemrograman yang sudah digunakan pada masa itu.

Gambar Komputer Generasi Kedua
 
Komputer generasi ke tiga diperkirakan ada di tahun 1964 sampai 1971. Pada saat itu komputer sudah mulai mengembangkan sirkuit terpadu (interated Circuit). Nah, Integrated Circuit ini menjadi ciri khas generasi komputer ke tiga. Integrated Circuit ini adalah pengembangan dari transistor yang ditempatkan pada chip semikomduktor. Semikonduktor adalah bahan konduktivitas listrik yang berada diantara insulator dan konduktor. Bahan dari semikonduktor yang digunakan adalah silikon dan germanium. Bahan-bahan yang terdiri dari silikon dan germanium ini dapat menghasilkan elektron-elektron.Selain itu, semikonduktor memungkinkan untuk memperkecil semua komponen elektronik. Hal ini bertujuan untuk menghemat ruang, menghemat energi, namun memungkinkan juga untuk menambah kecepatan proses. Jadi dapat disimpulakan, kecepatan dan efisiensi komputer pada generasi ketiga ini meningkat secara drastis.
Motherboard yang kita kenal saat ini adalah pengembangan dari PCB (Printed Circuit Boards) yang ada di generasi ke tiga. PCB ini terdiri dari banyak chips yang ditempatkan dalam sebuah papan elektronik.
Kelebihan lain yang ada pada komputer generasi ketiga ini adalah sudah mulai menggunakan keyboard dan monitor. Sistem operasinya pun sudah diperbaharui yang memungkinkan pengguna komputer menjalankan pekerjaan yang berbeda dalam waktu yang bersamaan. Komputer ini adalah komputer yang mulai dimiliki oleh masyarakat umum karena bentuknya yang lebih kecil dan harganya tidak semahal komputer generasi-generasi sebelumnya.
Oke langsung saja saya tampilkan gambar komputer generasi ke tiga.


Perkembangan komputer digenerasinya yang keempat.
Awal mula komputer digenerasi ini yaitu pada tahun 1971 sampai sekarang. Microprocessor adalah pengembangan dari teknologi sebelumnya. Dimana processor ini terdiri dari ribuan sirkuit terpadu (Integrated Circuit) yang digunakan pada generasi sebelumnya. Sirkuit terpadu tersebut dijadikan satu kedalam sebuah chip silikon tunggal. Namun kebanyakan orang mengenal istilah microprocessor ini adalah CPU (Central Processing Unit) yang merupakan otak dari sebuah komputer. 3 Hal yang membedakan masing-masing dari setiap microprocessor itu adalah:
  1. Instruction Set yang merupakan satu set instruksi yang dapat dikerjakan oleh microprocessor.
  2. Bandwidth yang merupakan jumlah bit yang diproses dalam sebuah instruksi.
  3. Clock Speed yang memiliki satuan Megahertz(MHz), yaitu kecepatan clock yang menentukan ada berapa banyak jumlah instruksi yang dapat dilakukan oleh processor dalam waktu satu detik.
Kesimpulannya adalah semakin tinggi nilai yang dimiliki oleh sebuah CPU, maka akan semakin tinggi atau semakin kuat pula kemampuannya dalam memproses instruksi.

Kalau dari awal kita sudah mengetahui definisi komputer sebagai alat menghitung, maka CPU inilah tempat berlangsungnya proses perhitungan. Oleh sebab itu, CPU disebut juga sebagai pusat pengolah data. CPU sebagai otak dari komputer tentunya menjadi salah satu komponen paling penting dari sebuah sistem komputer.
Untuk komputer pribadi dan workstation, CPU ditempatkan dalam sebuah chip tunggal yang disebut mikroprocessor. Sedangkan untuk komputer ukuran besar, CPU memerlukan satu atau bahkan lebih dari papan sirkuit.
CPU terbagi menjadi dua:
  1. ALU (Arithmetic Logic Unit) yang merupakan unit pengolahan aritmatika dan logika. Tugas utamanya adalah melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program. Tugas ALU lainnya adalah melakukan keputusan operasi logika sesuai dengan instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator perbandingan seperti (=),(<),(>) dan opertor perbandingan lainnya.
  2. CU (Control Unit) yang berfungsi sebagai pengatur atau yang mengembangkan instruksi-instruksi, menterjemahakan instruksi dan mengeksekusi instruksi. bisa dibilang CU ini adalah pengatur lalu lintas data seperti, mengatur dan mengendalikan alat input dan alat output dan lain-lain. penjelasan lengkap mengenai CPU akan saya jelaskan diartikel berikutnya.
Kembali lagi ke pembahasan kita diawal. Pada komputer generasi ke 4 sudah banyak bermunculan industri yang memproduksi komputer secara massal. diantaranya IBM (Industry Business Machine). Pada tahun 1981, IBM mulai mengembangkan komputer pertamanya untuk penggunaan dirumah. selain IBM, ada juga Apple yang mengenal kan Komputer Macintosh (Mac.). Selain itu, pada generasi keempat juga sudah mengembangkan teknologi antarmuka/GUI (Graphic User Interface) dan sudah menggunakan mouse dan perlengkapan tambahan lainnya.
Oke sekarang kita lihat komputer pada awal generasi ke empat.



 Komputer Machintos terbaru dengan layar sentuh.
 
Perkembangan perangkat komputer pada generasi kelima lebih condong kepada kecerdasan buatan (artificial intelligence). Kecerdasan buatan adalah cabang ilmu komputer yang bertujuan untuk membuat komputer berperilaku seperti manusia. Pencetus kecerdasan buatan ini adalah John McCarthy dari Massachusetts Institute of Technology (Institut Teknologi Massachusetts). Adapun kecerdasan buatan ini meliputi:
  1. Games Playing yang merupakan pemrograman komputer untuk bermain games,
  2. Expert Systems yang merupakan pemrograman komputer untuk membuat keputusan dalam situasi kehidupan nyata. Contohnya adalah sistem pakar yang membantu dokter dalam mendiagnosa suatu penyakit berdasarkan gejalanya,
  3. Natural Language yang merupakan pemrograman komputer untuk memahami bahasa alam manusia,
  4. Neural Networks yang merupakan pemrograman komputer yang mensimulasi kecerdasan dengan mencoba mereproduksi jenis koneksi fisik yang terjadi pada otak hewan,
  5. Robotics yang merupakan pemrograman komputer untuk melihat, mendengar, dan bereaksi terhadap rangsangan sensorik.



Gambar Super Komputer IBM Deep Blue
Super Komputer IBM Deep Blue adalah salah satu contoh kemajuan terbesar dibidang games. Komputer ini diprogram dalam permainan catur yang telah berhasil mengalahkan manusia. Deep Blue ini mengalahkan juara catur dunia Garry Kasparov dalam sebuah pertandingan catur.
Para ilmuan meyakini bahwa sistem pakar (Expert System) adalah masa depan kecerdasan buatan komputer secara umum. Hal ini terbukti karena saat ini sistem pakar sudah banyak digunakan untuk membantu pekerjaan manusia diberbagai bidang. Misalnya di bidang kedokteran dan teknik.
Dibidang Robotics, saat ini sudah banyak digunakan dalam perakitan robot-robot yang digunakan untuk produksi. bahkan di perguruan tinggi pun sudah banyak yang mengembangkan teknologi robot ini didalam materi perkuliahan. Selain itu, para mahasiswa dari program studi ini sudah sering menyelenggarakan lomba-lomba perakitan Robot.
 
penggolongan komputer berdasarkan Bentuk dan Ukuran. Komputer dibagi menjadi lima penggolongan bentuk dan ukuran:
1. Supercompute
Supercomputer adalah jenis komputer yang digunakan untuk menyelesaikan masalah yang membutuhkan perhitungan sangat kompleks. Supercomputer ini memang sangat jarang bisa kita temui atau bahkan kita belum pernah melihatnya sekalipun. Hal ini dikarenakan harga supercomputer ini relatif sangat mahal. Biasanya supercomputer ini digunakan di pemerintahan, universitas besar dan perusahaan besar. Supercomputer banyak diaplikasikan untuk penelitian seperti peramalan cuaca, Simulasi Uji Nuklir, Simulasi Neuron buatan, dan masih banyak lagi. Supercomputer ini juga bisa berfungsi sebagai server. Komputer ini bisa mengkonsumsi listrik sebesar 4,04 Megawatt listrik. Sebagian besar supercomputer modern saat ini menggunakan sistem operasi LINUX.
Berikut ini adalah supercomputer di beberapa negara:
a. Supercomputer di China

b. Supercomputer di Eropa

c. Supercomputer di India

d. Supercomputer di Jepang
Nah pertanyaannya adalah ada tidak ya supercomputer di Indonesia?
Jawabannya adalah belum ada!. Sungguh sangat menyedihkan. Kapan Indonesia ini mau maju?. Saya yakin, kalau Indonesia mau membuat supercomputer, pasti banyak pro dan kontranya. Karena negara ini pastinya harus mengeluarkan anggran dana yang tidak sedikit. Belum lagi kalau dananya dikorupsi dulu.

2. Mainframe Computer
Mainframe Computer adalah jenis komputer yang digunakan pada lingkungan ketika pengguna memerlukan akses untuk menjalankan program, dasn memakai data secara bersama-sama. Biasanya Komputer jenis ini banyak digunakan sebagai server e-commerce yang melayani transaksi melalui internet.

3. Minicomputer

Komputer jenis ini ukurannya lebih kecil dari computer mainframe, tetapi lebih besar dari jenis  microcomputer. Biasanya, memiliki beberapa terminal. Komputer jenis ini biasanya digunakan sebagai server jaringan komputer atau server internet.

4. Workstation Computer


Computer Single-user (digunakan oleh satu orang) yang sangat powerfull. Biasanya digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan perhitungan kompleks dan pekerjaan yang sangat berat, seperti pembuatan animasi komputer dan lain sebagainya.

5. Microcomputer/personal computer (PC)

Jenis komputer pribadi yang digunakan oleh satu orang yang kinerjanya tergantung dengan kebutuhan. Jenis komputer ini diantaranya PC dan LAPTOP.
Cukup sekian artikel Penggolongan Komputer Berdasarkan Data yang Diolah, Penggunaan, Generasi, Bentuk dan Ukuran. Semoga bermanfaat, selamat membaca. 
See more information Here.
 
Title: Penggolongan Komputer Berdasarkan Data yang diolah, Penggunaan, Generasi, Bentuk dan Ukuran; Written by Deva Ardiansyah; Rating: 5 dari 5

1 comment:

  1. thanks gan, artikel yang agan buat sangat mebantu saya untuk mempersiapkan diri menghadapi uts :D

    ReplyDelete