Thursday, August 29, 2013

Pengertian dan Fungsi Personal Computer (PC) Beserta Perkembangannya

Personal Computer adalah seperangkat komputer yang digunakan oleh satu orang saja / pribadi. Biasanya komputer ini adanya dilingkungan rumah, kantor, toko, dan dimana saja karena harga PC sudah relatif terjangkau dan banyak macamnya.
Fungsi utama dari PC adalah untuk mengolah data input dan menghasilkan output berupa data/informasi sesuai dengan keinginan user (pengguna).
Dalam pengolahan data yang dimulai dari memasukkan data (input) sampai akhirnya menghasilkan informasi, komputer memerlukan suatu sistem dari kesatuan elemen yang tidak bisa terpisahkan. Apa saja itu?
1. Hardware (perangkat keras)
Hardware adalah sekumpulan komponen perangakat keras komputer yang secara fisik bisa dilihat, diraba, dirasakan. Hardware ini dibagi menjadi 5 (lima) bagian, yaitu:
  • Input Device, peralatan masukkan (Keyboard,mouse,dll),
  • Process Device, peralatan proses (processor, motherboard, ram, dll),
  • Output Device, peralatan keluaran (Monitor, Printer, dll),
  • Storage Device, peralatan penyimpan (harddisk,flashdisk, dll),
  • Peripheral Device, peralatan tambahan (WebCam, modem, dll),
2. Software (Perangkat Lunak)
Software adalah program yang berisi instruksi/perintah sebagai pelantara yang menghubungkan (menjembatani) antara hardware dan brainware (perangkat manusia) sehingga dapat menghasilkan informasi yang diinginkan brainware. Software dapat dikategorikan menjadi dua kelompok.
Software Operating System (OS), Contohnya adalah Windows, Linux, Dos, Android, dll. Tanpa adanya Operating System ini, maka hardware hanyalah benda mati yang tidak bisa digunakan.
Software Application System, Contohnya adalah Ms. Office, Open Office, Adobe Photoshop, Corel Draw, Program Database, Program Utilities, dll.

3. Brainware (Perangkat Manusia/pengguna/user)

Brainware adalah perangkat yang mengoperasikan dan menjalankan perangkat lunak yang ada didalam komputer. Bukan hanya itu, ternyata brainware itu bukan hanya orang yang menggunakan komputer saja, namun orang yang merasakan manfaat dari komputer pun bisa di katakan Brainware. Contohnya adalah siswa/i dikelas yang sedang memperhatikan presentasi yang dibawakan oleh gurunya dengan menggunakan Laptop dan Projector. Siswa/i ini secara tak sadar disebut juga sebagai brainware karena melihat hasil (informasi) pelajaran yang disampaikan gurunya. Brainware dikelompokkan menjadi beberapa kategori mulai dari pembuat program (programmer), Technical Support, Designer Graphic, Operator, sampai user paling awam sekalipun.


Perkembangan PC (Personal Computer) saat ini memang sangat cepat sekali. Buktinya, Komputer yang dulunya berukuran besar yang hanya ditemukan di tempat-tempat tertentu, harga komputer yang dulu selangit yang hanya dimiliki orang-orang kaya, sekarang sudah berubah ketika PC yang sekarang bentuknya kecil dan harganya bisa terjangkau oleh masyarakat umum. Selain itu, perkembangan ini diikuti dengan software aplikasi yang beragam dan jumlahnya sangat banyak, komputer semakin menarik untuk digunakan. Bahkan oleh anak-anak, karena permainan games PC sangat banyak dan menyenangkan.

Berikut ini adalah Perkembangan PC dimulai tahun 1975:

1. Tahun 1975 (Komputer MITS Altair 8800)



 
Altair 8800 memiliki processor 2 MHZ Intel 8080, memori 256 bytes, dan dapat ditambah maksimum 64 Kb. Sangat berbeda dengan PC sekarang yang berjalan diatas 5 GHz, dengan RAM minimum 1 Gb. Untuk media penyimpanan, Altair menawarkan 8” floppy disk atau kaset eksternal.

PC ini tidak seperti PC yang kita temui saat ini. PC ini tidak mempunyai monitor, keyboard, mouse, sistem operasi, bahkan software aplikasi. Untuk memprogramnya, Anda harus mengerti bahasa mesin, yang berarti mengubah dudukan saklar yang benar dan melihat lampu LED yang berhubungan menyala.

2. Tahun 1977 (Komputer Apple II)

Sebelumnya, ada Apple I yang diproduksi sekitar tahun 1976. Namun, hanya berbentuk papan sirkuit seperti halnya motherboard saat ini. Untuk menyusunnya, anda harus ahli dalam bidang elektronik. Pada tahun tersebut, Apple II telah muncul dengan keyboard, monitor, dan media penyimpanan. Komputer ini juga mempunyai sistem operasi dan software aplikasi. Awalnya, PC ini menggunakan media penyimpanan kaset, tetapi tahun 1978, floppy disk eksternal dengan kapasitas 143 telah tersedia.
Kesuksesan Apple II ini dilanjutkan denga kehadiran Komputer Apple II Plus pada tahun 1979 dan Apple Iie pada tahun 1983. Keduanya mirip dengan Apple II, dengan beberapa tambahan dan fitur baru. Salah satunya, IIe mempunyai keypad numerik disisi kanan keyboard. Apple terus memproduksi dan menjual Apple IIe sampai tahun 1993. Sehingga menjadikannya sejarah tersendiri selama 15 tahun.

3. Tahun 1981 (Komputer IBM PC)

IBM PC yang asli dikeluarkan pada bulan Agustus 1981, yang hanya mempunyai memori sebesar 16 Kb, belum mempunyai hard disk, dan menggunakan media penyimpanan kaset dan floppy. Karena desain yang ‘terbuka’, PC ini sangat mudah di upgrade. PC ini mempunyai slot ekspansi pada papan sirkuit utamanya (Motherboard). Artinya, Anda dapat menambah kemampuannya dengan memasukkan papan sirkuit mini khusus (Card) ke dalam slot ini, misalnya menonton TV Kabel dari PC dengan menambah card TV Tuner.
Selain mudah dikembangkan, faktor lain yang memberikan kontribusi atas suksesnya PC adalah processor Intel. Melalui riset yang berkesinambungan, Intel menaikkan kemampuan processor 2 kali lipat setiap 18 bulan. Jadi, PC yang lebih canggih muncul setiap 2 tahun. Sejalan perkembangan processor Intel, muncul pula sistem operasi Windows versi terbaru, software aplikasi, dan peningkatan kemampuan hardware.

5. Tahun 1983 Komputer Compaq PC

Sejak desain IBM PC dibuat terbuka, pabrikan lain mulai mengikuti dan mengeluarkan PC buatan mereka. Salah satunya adalah Compaq (sekarang telah bergabung dengan Hewlett-Packard) yang mengeluarkan Compaq portable.
PC ini berukuran koper yang mempunyai monitor monokrom dengan ukuran 9 inci dan dua floppy drive berukuran 320 Kb. Seperti IBM PC, Compaq juga menggunakan sistem operasi DOS. PC ini mempunyai 2 port pararel dan 1 port serial untuk koneksi keperangkat eksternal. Sementara untuk memori, 128 Kb dapat ditambah sampai dengan 640 Kb.
Walaupun terdapat peningkatan dalam hal penyimpanan dan memori, perangkat ini tidak dilengkapi dengan hard disk. Data tahun 1987 versi ketiga dilengkapi dengan hard disk berukuran 20 atau 40 Mb.

6. Tahun 1983-1989 Komputer IBM PC Mendominasi
 

IBM mengeluarkan versi terbaru PC-nya pada tahun ini. IBM PC XT yang telah mempunyai hard disk dengan kapasitas 10 Mb, memori 128 Kb, dan floppy drive 360 Kb. IBM kemudian membuat lebih banyak peningkatan dan mengeluarkan IBM PC AT 286 tahun 1984. PC ini menggunakan processor Intel 6 MHz (80286). Peningkatan lainnya adalah hard disk berkapasitas lebih dari 20 Mb.
Seri PC AT diteruskan dengan AT 386 pada tahun 1986 dan AT 486 pada tahun 1989. Keduanya mempunyai kelebihan pada memori dan kecepatan processor. Seri AT 386 juga merupakan PC pertama yang menggunakan processor 32 bit (80386) dan mendukung multitasking (menjalankan beberapa aplikasi bersamaan). Yang membuat PC 386 pertama kali adalah Compaq, bukan IBM. Salah satu terobosan dengan 486 adalah 1 Mb memory cache dalam cip sendiri.IBM juga bereksperimen dengan tipe PC yang gagal atau kurang sukses seperti IBM PCjr, IBM Convertible, dan IBM portable.

7. Tahun 1985 Komputer Commodore Amiga 1000


Amiga 100 merupakan komputer multimedia tercanggih yang banyak diminati oleh animator dan desainer grafis saat itu. PC ini memiliki moniter berwarna, mendukung suara stereo 4-kanal, mempunyai port untuk joystick dan video, serta mendukung video mode sampai 4.096 warna.

Sistem operasi Amiga DOS juga menawarkan interface grafis yang mendukung multitasking. Teknologi Amiga lebih unggul, tetapi gagal karena arsitekturnya yang proprietary dan pemasaran yang buruk. Perangkat ini juga tidak kompatibel dengan sistem operasi MS-DOS dan desain IBM PC pada umumnya.

8. Tahun 1987 Komputer IBM PS/2
Setelah sukses dengan PC, IBM memiliki rencana ambisius mengenai generasi selanjutnya dari PC. Seri ini dinamakan PS/2 (Personal System/2), dan pertama kali dirilis tahun 1987.

PS/2 mempunyai arsitektur baru. Beberapa bagian yang baru adalah proprietary, seperti konektor baru (socket) untuk keyboard dan mouse. Slot ekspansi didesain ulang dan bus (jalur elektronik yang menghubungkan slot ini dengan sistem) yang dinamakan Micro Channel Architectur. Arsitektur baru ini membuat IBM PS/2 sulit untuk diduplikat.

Saat ini, perusahaan bidang industri komputer membuat komponen yang sesuai dengan slot ekspansi standar IBM PC. Walaupun PS/2 menggunakan processor Intel dan softwarenya kompatibel dengan IBM PC, tidak ada yang membuat komponen yang sesuai dengan slot ekspansi PS/2. Oleh karena itu, produk ini gagal.

9. Tahun 1992 Laptop


Setelah muncul laptop seperti Compaq dan IBM portable, IBM Convertible, Machintosh portable, Osborn 1, dan Radioshack TRS-80, tahun 1992 mulai muncul Laptop TRS-80. Contoh terakhir adalah IBM Thinkpad 700 dan Apple Powerbook 100.

Laptop mempunyai layar LCD dengan berat 2 kg atau lebih. Ketika tidak menggunakan listrik, laptop dapat menggunakan baterai. Laptop juga memiliki fasilitas untuk menghemat energi dan menggunakan processor yang irit sumber daya. Fitur ini yang membuat laptop cocok dibawa bepergian. Saat ini tersedia laptop dengan berbagai macam kategori, bergantung berat dan fitur.

10. Tahun 1993 Komputer Intel Pentium


Setelah sukses dengan seri PC AT (processor 80286, 80386 dan 80486), Intel memutuskan bahwa generasi generasi kelima processor untuk PC harus mempunyai arsitektur baru. Seri ini kemudian dinamakan ‘Pentium’. Hasilnya, cip Pentium pertama ini tiga kali lebih cepat dari seri pendahulunya, 80486.

Sistem Operasi Windows dan program aplikasinya dapat memanfaatkan kemampuan processor ini untuk menghasilkan hal yang lebih besar, seperti game dengan grafik yang intensif atau suara yang lebih berkualitas. Vendor hardware dan developer software berlomba-lomba membuat produk dan aplikasi yang lebih canggih dan menarik.

11. Tahun 1997 Komputer Multimedia/Pentium MMX



Dimulai tahun 1996, aplikasi multimedia (yang menghubungkan teks, grafik, audio, dan animasi) mulai bermunculan. Pembuat hardware, seperti sound card dan graphic card, bergegas membuat teknologi yang dapat memproses instruksi multimedia. Hal ini disebabkan oleh processor yang tidak dapat memproses instruksi multimedia secara simultan. Tahun 1997, Intel mengatasi masalah tersebut dengan merilis processor Pentium MMX. Intel menambahkan instruksi multimedia ke dalam processor Pentium dengan teknologi multimedia extention (MMX). Cip Pentium MMX meningkatkan kemampuan PC dalam memainkan game atau aplikasi multimedia.

12. Tahun (1998-2005) Komputer Pentium II s.d Pentium IV

Generasi lain processor Pentium dan PC keluar antara tahun 1998 sampai saat ini. Intel mengeluarkan Pentium II, Pentium III, kemudian Pentium 4. Setiap generasi memiliki teknik pemrosesan baru dan berfokus pada kecepatan processor (satuannya GHz).

Processor yang lebih cepat mengarah pada lebih banyak inovasi di bidang multimedia dan aplikasi video. Contohnya, game PC menjadi lebih kaya grafis dan suara yang dihasilkan semakin dekat dengan suara dari perangkat hi-fi. Internet juga membawa lebih banyak aplikasi baru. Misalnya untuk chat dan video conference.

13. Tahun 2005-2010an Komputer Pentium D (Dual-Core) & Pentium Core 2 Duo
Intel mengembangkan kemampuan dual chipset dalam satu processor untuk lebih mempercepat kinerja komputer dan kapasistas memori L1 menjadi 2x lipat dari produk sebelumnya. Awalnya Intel memproduksi processor ini untuk Laptop, namun pada tahun 2006, processor dual-core dan core 2 duo ini mulai dipergunakan untuk komputer dekstop.

Perubahan generasi processor intel ini diikuti oleh vendor hardware lainya seperti AMD. Mereka memperkenalkan processor berbasis Core 2 Duo dengan tipe AMD Athlon 64 x 2 yang tidak kalah canggih nya dari produk Intel.

14. Tahun 2010an- Sekarang Komputer Core i3 – core i9

Dengan kebutuhan komputasi yang banyak dan berbasis grafis yang berat, maka dibutuhkan processor yang lebih baik lagi. Maka muncullah processor dengan kecepatan yang lebih baik lagi dengan nama Core i3. Hingga saat ini sudah dikembangkan teknologi processor Core i9. Namun harganya masih sangat mahal.

PUNYA MASALAH HUBUNGAN SUAMI ISTRI? TERMUKAN JAWABANNYA DISINI
Title: Pengertian dan Fungsi Personal Computer (PC) Beserta Perkembangannya; Written by Deva Ardiansyah; Rating: 5 dari 5

22 comments:

  1. kok gak dijelasin intel atom kak.......???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intel atom itu khusus untuk netbook. Artikel yg saya tulis ni processor tuk desktop. Mungkin nanti saya tulis tentang perkembangan teknologi processor pd laptop

      Delete
  2. Makasih untuk info mengenai komputer nya Gan Deva :)


    Kunjungi Balik ya gan Blog saya : Taufiq Rahman Atau www.rahman371.wordpress.com


    Terimakasih :)

    ReplyDelete
  3. wahh sangat bermanfaat sekali..
    kunjungi blogspot kami yang semoga bermanfaat juga untuk anda sperti blog ini bermanfaat untuk saya.
    Terima Kasih..
    Proses pembuatan
    seragam batik solo printing

    Proses pembuatan seragam batik tulis solo

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Intel inside itu artinya didalam pc terdapat procesor intel

      Delete
  5. terimakasih atas kunjungannya. mohon kunjungi juga web ane www.pengenkeren.com atau pin bb ane biar tambah deket. 7D499042

    ReplyDelete
  6. makasi banyak saudaraku yang dirahmati tuhan semoga amal baikmu mendapat balasan disisi-Nya amin

    ReplyDelete
  7. Bermanfaat banget terimakasih yaaa.

    ReplyDelete
  8. Terimakasih atas penjelasannya izin shaerd untuk belajar di rumah,kunjungi kami http://www.darmawanpark.com/

    ReplyDelete
  9. tolong dikasi fungsi2 dari keseluruhan komponen2 pd komputer

    ReplyDelete
  10. terima kasih infonya ka....semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  11. Nice Info Gan.Pantengin juga blog ane http://dou-ble.blogspot.co.id/ dan juga Youtube ane ya gan : https://www.youtube.com/channel/UC_A2Bu8oEc5n7OTLvpFbx2g THANKS...!!!

    ReplyDelete