Mail merge merupakan salah satu fitur classic Microsoft Word yang sangat berguna untuk membuat
dokumen secara massal dan dinamis. Fungsi mail merge di Microsoft Word 2010 bisa kita jumpai
pada menu ribbon yaitu tepatnya pada tab Mailings.
Jika kita ingin membuat surat untuk banyak penerima, yang mana secara umum isi surat untuk
masing-masing penerima surat adalah sama kecuali nama, alamat atau informasi lain dari penerima
surat, maka dengan menggunakan fitur Mail Merge ini kita bisa melakukannya dengan lebih cepat.
a. Persiapan Dokumen Mail Merge
Mail merge mengkombinasikan informasi statis yang disimpan dalam sebuah dokumen (dokumen
utama) dengan variabel informasi yang disimpan pada dokumen lain (data sumber). Dokumen
utama berisi teks statis yang akan muncul pada semua dokumen yang digabungkan. Disamping itu
juga berisi placeholder yang disebut merge field yaitu tempat variabel informasi akan ditampilkan.Persiapan Dokumen Utama
Dalam contoh berikut kita akan membuat dokumen utama berupa surat undangan rapat, yang
mana undangan rapat ini akan ditujukan untuk beberapa penerima surat. Ada tiga variabel
informasi yang digunakan yaitu: nama (jabatan) penerima, alamat penerima, kota penerima.
Tiga variabel informasi itu disebut dengan merge field, artinya field-field yang nilainya akan
diambil dari data sumber secara dinamis.
sumber yang akan digunakan untuk mengisi variabel informasi pada dokumen utama. Data sumber
ini sering disebut dengan data recipients atau penerima surat.
Data sumber berupa tabel (matrik baris dan kolom). Masing-masing baris data sumber berisi
beberapa sel, baris pertama berisi judul field / field name (contoh: No, Nama, Alamat, Kota),
sedangkan baris selanjutnya merupakan data field tersebut.
Berikut ini contoh data sumber untuk dokumen utama diatas:
fieldnya lebih dari satu kata maka ada aturan yaitu tidak boleh menggunakan spasi. Hal ini karena
judul field tersebut digunakan sebagai merge field pada dokumen utama. Untuk membuat judul
field mudah dibaca maka kita bisa menggunakan huruf kecil kecuali huruf pertama pada masingmasing kata, contoh: NamaLengkap, NomorTelepon. Atau bisa juga dengan menggunakan tanda
garis bawah, contoh: nama_lengkap, nomor_telepon.
Data sumber yang valid adalah berupa dokumen terstruktur, seperti tabel Microsoft Word, tabel
Microsoft Excel atau CSV, tabel database Microsoft Access, dan daftar kontak Microsoft Outlook.
b. Menghubungkan Dokumen Mail Merge
Setelah kita mempersiapkan dokumen mail merge yang terdiri dari dua dokumen yaitu dokumen
utama dan dokumen / data sumber. Maka sekarang kita akan menghubungkan (merge) kedua
dokumen tersebut agar merge field (variabel informasi) pada dokumen utama terhubung dengan
data field pada data sumber.
Berikut ini langkah-langkanya:
1. Buka file dokumen utama (surat undangan)
2. Tambahkan data sumber (data penerima surat / recipients). Caranya: pada tab Mailings,
klik tombol Select Recipients, pilih Use Existing List... (karena kita telah membuat data
sumber sebelumnya, jika belum kita bisa membuatnya secara langsung dengan memilihType New List…)
sebelumnya, klik tombol Open
4. Untuk memastikan apakah data sumber telah masuk atau belum maka kita bisa klik tombolEdit Recipient List pada tab Mailings
Maka akan muncul jendela Mail Merge Recipients
kemudian klik tombol Edit… maka akan muncul jendela Data Form yang berfungsi untuk
melakukan pengeditan data sumber.
5. Tambahkan Merge Field pada dokumen utama (pada surat diatas, menggunakan merge field
manual maka kita harus menggantinya).
manual maka kita harus menggantinya).
Merge Field dimasukkan satu persatu, caranya:
a. Arahkan kursor ke posisi merge field pertama
sesuai (NAMA).
c. Maka pada merge field pertama di dokumen utama akan tampak seperti berikut:
d. Lakukan langkah yang sama untuk merge field lain (ALAMAT, KOTA)
6. Selesai.
Preview Hasil Mail Merge
Untuk mengetahui apakah dokumen utama dan data sumber benar-benar terhubung maka kita bisa
melakukan preview hasil merge tersebut. Caranya:
1. Pada tab Mailings, klik tombol Preview Results
2. Lihat pada merge field, jika berhasil maka merge field akan diisi dengan data sebenarnya
dari data sumber.
3. Untuk melihat record selanjutnya, kita bisa menggunakan tombol kontrol (panah) pada
menu ribbon, tab Mailings, group Preview Results.
Setelah melakukan preview hasil merge dan hasilnya sesuai, maka langkah selanjutnya adalah
finishing atau pencetakan dokumen hasil mail merge. Caranya:
1. Pada tab Mailings, klik tombol Finish & Merge, lalu pilih Print Documents untuk langsung
mencetaknya. Atau pilih Edit Individual Document, untuk melihat (mengedit) hasil dari
mail merge.
sumber dicetak atau tidak.
3. Klik OK
If you're trying hard to lose kilograms then you certainly need to try this totally brand new tailor-made keto meal plan.
ReplyDeleteTo create this keto diet, certified nutritionists, personal trainers, and professional chefs united to provide keto meal plans that are useful, painless, money-efficient, and fun.
Since their launch in January 2019, 100's of clients have already remodeled their figure and well-being with the benefits a great keto meal plan can offer.
Speaking of benefits; clicking this link, you'll discover 8 scientifically-confirmed ones provided by the keto meal plan.
Ayo Raih Kemenangan Disini.. Bermain Promo Freechip Tanpa Deposit... Join Disini Sekarang Kumpulan Berbagai Macam Permainan Taruhan Online Terbaik, Kunjungi Website Kami Di Klik Disini dan Dapatkan Bonus Terbaru 8X 9X 10X win klik disini untuk mendapatkan akun Sabung Ayam anda dan Bonus Berlimpah.
ReplyDelete