Wednesday, December 25, 2013

Jajal Games Buatan Indonesia "Katabrak"

Muncul lagi nih, games buatan anak bangsa, namanya Katabrak. games ini dibuat oleh satu studio games asal Bandung. Dengan games ini, Anda dapat melatih atau mengasah kemampuan otak Anda. Games ini dibuat untuk android. pada games ini, anda diminta untuk melihat beberapa balok huruf, kemudian anda diminta untuk merangkainya menjadi sebuah kosakata. Jika anda dapat melakukannya dengan baik, maka anda akan menjadi pemenangnya. Ada beberapa kelebihan dari games yang bisa anda dapatkan secara gratis ini.

Pada layar handheld, Anda akan melihat area yang tadinya kosong akan dipenuhi oleh huruf-huruf yang turun dari atas area permainan seluas 8x8. Semua balok huruf itu turun satu per satu secara acak dengan interval yang cukup lambat, memudahkan pemainnya untuk berpikir kata apa yang akan ia buat. Permainan akan berakhir jika salah satu huruf menumpuk pada barisan tertentu dan menabrak pembatas berwarna hijau yang posisinya ada di paling atas.
Bukan kosakata bahasa Inggris seperti yang digunakan pada game lain yang sejenis, bahasa Indonesia adalah target utamanya. Benar saja, kosakata yang dimiliki Katabrak cukup banyak, meskipun saat Anda mencobanya, mungkin akan ada beberapa kata yang tidak terdaftar, misalnya kata dengan jenis verba (kata kerja). Selain merangkai kata sendiri, game ini menyediakan beberapa kata yang jika dirangkai akan mendapatkan skor tambahan. Semakin banyak huruf yang dirangkai ke dalam satu kata, maka skor yang diraih pun akan semakin tinggi.
Tampilan visual Katabrak sangat unik dan lucu. Dominasi warna merah yang dilengkapi dengan warna-warna yang cerah dan variatif pada masing-masing balok huruf menjadikan game ini bisa diterima oleh semua kalangan. Tidak hanya sekedar warna, lagu yang dimiliki pun tampak sederhana tetapi sangat enak untuk didengar. Sebagian anda mungkin akan merasakan nostalgia masa kecil ketika medengarkannya.
Akan tetapi, mungkin Anda juga dapat melihat beberapa kelemahan yang masih bisa diperbaiki. Pertama, setiap permainan berkahir, anda akan langsung terhubung dengan internet, tetapi saat itu juga game ini berhenti merespons. Hal ini juga terjadi saat anda mencoba mengakses kamus yang disediakan.
Namun, masalah ini tampaknya hanya berlaku untuk beberapa jenis handheld saja. Katabrak juga menyediakan balok power-up yang sangat membantu jalan permainan. Sayangnya, tingkat kemunculannya sangat jarang, bahkan hampir tidak ada sama sekali. Inilah yang menjadi kelemahan kedua. Jika penasaran, Anda dapat segera mengunduh game ini pada Google Play secara cuma-cuma.

terima kasih atas kunjunganya. 
source: chip magazine
Title: Jajal Games Buatan Indonesia "Katabrak"; Written by Deva Ardiansyah; Rating: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment