Monday, March 12, 2018

review singkat kamera Canon EOS 1300D

Image result for canon eos 1300d

Canon EOS 1300D adalah kamera digital SLR entry-level terbaru yang menjadi penerus langsung 1200D yang keluar pada tahun 2014. Kamera DSLR Canon ini menggunakan sensor APS-C 18 megapiksel yang dipasangkan dengan prosesor Digic 4+. Perpaduan keduanya membuat hasil jepretan Canon 1300D memiliki warna yang jernih serta menghasilkan tingkat pemotretan terus-menerus 3fps dengan sensitivitas standar ISO 6400.
Meskipun masih menggunakan sensor, sistem AF 9 titik dan jendela bidik 95% pentamirror. Kamera DSLR untuk pemula ini ditambahkan fitur terbaru yaitu konektivitas Wi-Fi dan NFC built-in dan layar LCD belakang yang jauh lebih baik. Menariknya lagi, harga kamera Canon 1300D di Indonesia dibanderol cukup murah yaitu hanya 5 jutaan saja. Harga tersebut sesuai dengan pasar pemula yang dituju olah Canon.
Sebagai kamera SLR entry-level dengan harga yang murah, Canon cukup serius dalam merombak dari penerus 1200D. Meskipun ditujukan untuk para pemula, namun 1300D memiliki spesifikasi yang mumpuni untuk menghasilkan sebuah karya seni fotografi yang indah. Camera Canon 1300D dibekali dengan sensor CMOS APS-C 18 megapiksel dan prosesor gambar DIGIC 4+.
Prosesor tersebut sudah mendapatkan pengakuan dari profesional akan kinerjanya yang luar biasa. Kamera ini juga memiliki fitur pemotretan otomatis yang membantu anda dalam proses pengambilan foto. Canon 1300D juga sudah kompatibel dengan lebih dari 70 lensa EF/EF-S, sehingga memungkinkan anda mengambil foto indah bagaikan seorang profesional.
Dengan adanya prosesor gambar DIGIC 4+, semakin melengkapi spesifikasi 1300D dan sesuai dengan apa yang kita harapkan dari DSLR entry level. Menariknya lagi kamera Canon ini memiliki kapasitas penyangga yang sudah ditingkatkan.
Dimana 1200D hanya bisa mengatur pemotretan 69 JPEG pada 3fps, dengan penyangga yang sudah ditingkatkan 1300D dapat memotret 1110 JPEG, meski masih hanya 6 gambar RAW berturut-turut. Untuk sistem AF, Canon 1300D memiliki titik AF sebanyak 9 titil yang tersebar dengan baik pada bingkai gambar.
Meskipun hanya titik pusatnya adalah tipe cross-type, namun autofocussing terasa lebih cepat dan akurat. Sayangnya AF sedikit lamban saat cahaya rendah. Kekurangan Canon 1300D ini harus diperhatikan bila Canon ingin membuat kamera SLR entry-level yang nyaman digunakan.
Kecepatan rana yang dimiliki berkisar antara 30 detik sampai 1/4.000 detik, rentang sensitivitas dari ISO 100-6,400 bisa ditingkatkan hingga 12.800 dan pengambilan video 1.080p full HD dengan frame rate 30, 25 dan 24fps. Kamera terbaru ini juga dilengkapi monitor LCD yang sama dengan pendahulunya.
Seperti ukuran 3 inci, sudut pandang horizontal dan vertikal 170 derajat. Namun LCD 1300D lebih ditingkatkan resolusinya dari 460.000 titik menjadi 920.000 titik. Peningkatan ini tentu memberikan kenyamanan bagi pengguna, karena LCD yang digunakan lebih baik dalam menampilkan warna dari hasil foto kamera DSLR Canon EOS 1300D.
Salah satu fitur yang paling disukai oleh pengguna adalah penambahan konektivitas Wi-Fi dan NFC built-in. Dengan fitur ini memungkinkan pengguna Apple dan Android (tapi bukan Windows Phone) untuk menghubungkan kamera langsung ke smartphone.
Untuk bisa terhubung, anda harus mengunduh aplikasi Camera Connect dari situs resmi Canon (ini untuk anda yang masih belum tahu cara menggunakan wifi Canon 1300D). Setelah terhubung, Camera Connect dapat digunakan untuk mentransfer gambar dari kamera langsung ke perangkat mobile yang terhubung, atau untuk mengendalikan kamera dari jarak jauh.
Mengingat kebanyakan orang sekarang memiliki smartphone, kemampuan untuk mentransfer gambar dari kamera ke telepon dan mengunggahnya ke media sosial dalam beberapa menit setelah mengambilnya adalah fitur yang berguna.
Setelah kita sedikit membahas mengenai kelebihan dan kekurangan Canon 1300D, sebagai kamera SLR entry-level kamera DSLR ini dibanderol dengan harga yang cukup murah. Untuk bisa membawa pulang Canon EOS 1300D, anda harus mengeluarkan uang sebesar 4 jutaan, ini untuk harga Canon 1300D body only. Sedangkan untuk penambhan lensa Kit EF S18-55 IS II dibanderol dengan harga sebesar 5 jutaan. Cukup murah bukan, melihat spesifikasi Canon 1300D yang cukup canggih.
Rangkuman artikel ini dibuat berdasarkan dari situs resmi Canon Indonesia. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan banyak manfaat untuk anda dalam mencari kamera DSLR.

source : hargakamera7

Title: review singkat kamera Canon EOS 1300D; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment