Saturday, March 17, 2018

Faktor Yang Mempengaruhi Bagus Tidaknya Performa Smartphone



Performa hape dipengaruhi oleh beberapa komponen utama, yang saling “bekerjasama” untuk memproses perintah-perintah yang kita inginkan. Nah, diantaranya adalah sebagai berikut :

CPU
Salah satu komponen utama yang mempengaruhi “kecepatan” alias performa dari hape kita adalah CPU. Tugas utamanya adalah untuk memproses dan memberikan respon pada perintah yang kita inginkan. Nah, performa dari CPU alias Prosesor ini sendiri dipengaruhi oleh beberapa hal.

Yang pertama adalah proses fabrikasinya, arsitekturnya, kecepatannya (dalam satuan MHz atau GHz) serta jumlah “core” alias inti prosesornya. Nah disini kadang para pengguna agak sedikit salah pengertian bahwa semakin banyak core maka semakin kencang. Itu nggak 100% bener.

GPU
Kalau di hape, biasanya komponen yang satu ini tuh bakal jadi satu paket sama CPU, yang biasanya disebut sebagai chipset. GPU itu tugasnya membantu CPU dalam pengolahan grafis. Jadi GPU ini penting untuk urusan game dan hal lain yang berhubungan dengan pengolahan grafis. Entah untuk kamera, tapi denger-denger sih pengaruh juga. Jadi semakin kuat GPU nya, semakin baik pula kemampuannya dalam mengambil video. Dalam arti, bisa merekam dalam resolusi yang lebih besar serta frame per detik yang lebih banyak.

Ibarat mobil yang ada di lintasan pas hujan, CPU itu ibarat mesin, dan GPU ibarat ban. Kalau mesinnya kuenceng tapi ban nya ternyata licin (GPU kurang powerful), maka yaa akselarasinya bakal nggak maksimal. Semoga bisa kebayang maksudnya gimana 😀

RAM
Nah kalau yang ini juga nggak kalah pentingnya, sebuah komponen utama yang mempengaruhi performa hape. Sebenernya nggak perlu RAM dengan kapasitas gede-gede banget sih untuk bisa dapet performa yang oke, asalkan bisa untuk menampung apps berjalan yang kita gunakan, itu udah cukup kok.

RAM dengan kapasitas super gede hanya bakal berguna kalau misal kita sering melakukan aktivitas multitasking atau bermain game berat di hape yang kita gunakan. Di tahun 2016 ini, hape dengan RAM 2GB udah terbilang cukup kok untuk pemakaian standar. 3GB untuk gamers, penggila socmed & multitasking, sedangkan RAM 4GB keatas untuk mereka yang suka multitasking like a pro!

Nah sebenernya, ada yang lebih penting lagi nih daripada kapasitas dari RAM, yaitu jenis atau mimin menyebutnya sebagai “grade” dari RAM itu sendiri (atau entah orangain menyebutnya sebagai apa). Jadi, RAM itu ada macam-macam jenis (grade) nya. Ada yang DDR1, DDR2, DDR3, DDR4 dan seterusnya. Semakin tinggi angka dibelakang DDR, maka semakin modern pula jenis RAM itu, dan semakin kencang juga kecepatannya. Sebagai gambaran, hape kelas menengah hingga atas saat ini rata-rata menggunakan RAM berjenis LPDDR3, sedangkan untuk kelas tertinggi alias flagship, sebagian ada yang pakai LPDDR3, ada juga yang LPDDR4.

Jadi jangan kaget kalau misalnya ada hape dengan RAM lebih kecil namun lebih gegas dalam melakukan multitasking, salah satunya yaa karena perbedaan jenis RAM itu tadi, plus faktor pendukung performa lainnya.

Storage
Hal lain yang mempengaruhi kecepatan hape adalah storage. Storage alias penyimpanan internal pada perangkat juga punya grade kecepatan baca tulis yang berbeda-beda loh. Semakin cepat kemampuan dari penyimpanan tersebut untuk membaca dan tulis data, semakin baik pula respon yang dapat diberikan.

Pengoptimalan Software
Hardware sudah mantab, tapi kalau software nya kurang optimal yaa performa pun juga bakal nggak optimal. Yang ini sepertinya terlalu sulit bagi mimin untuk membuatkan deskripsinya. Jadi yaa intinya, software juga ngaruh lah pokoknya 😀

Lainnya
Selain beberapa faktor utama yang sudah mimin sebut diatas itu, masih sangat mungkin ada banyak faktor lain lagi yang juga turut mempengaruhi performa dari suatu gadget. Dan karena keterbatasan pengetahuan yang mimin punya, maka mimin hanya menuliskan apa-apa saja yang mimin ketahui.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa mempengaruhi performa dari suatu gadget. Jadi yaa apa yang membuat hape kencang itu nggak cuma soal CPU dan RAM aja. Dan jangan heran juga kalau ada hape dengan “spek kasar” yang sama, namun dibanderol dengan harga yang berbeda karena memang ada detail-detail kecil lain yang mempengaruhi harga dan performa, seperti misalnya soal RAM (DDR2, DDR3 dst) dan juga CPU.
Title: Faktor Yang Mempengaruhi Bagus Tidaknya Performa Smartphone; Written by Deva Ardiansyah; Rating: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment