Sunday, January 26, 2014

Review Singkat Netbook Asus EeePc 1215b 12"

Bila melihat tampilan luarnya saja, tentu Anda tidak akan dapat menemukan perbedaan dari seri sebelumnya. Notebook seri ini memiliki dimensi yang ringan sehingga nyaman untuk diajak mobile. Ukurannya cukup tipis karena ketiadaan optical drive. Ia menggunakan finishing matte dan dibalut dengan warna hitam di sekujur casingnya, baik itu di penutup layar LCD maupun bagian dalamnya. Dengan finishing ini, sepertinya Anda harus rajin membersihkannya karena seringkali menimbulkan bercak minyak.
Dilihat dari spesifikasi, seri ini tidak jauh berbeda dengan seri sebelumnya, kecuali prosesor dan graphics-nya

Spesifikasi Notebook Asus Eee PC 1215B

  • Prosesor AMD E450 1.65 GHz L2 Cache 1MB
  • Memory DDR3 2 GB
  • Hard disk 320 GB SATA
  • GraphicsAMD Radeon HD6320
  • Layar 12″ 1366×768
  • Interkoneksi wifi 802.11bgn dan Bluetooth 3.0
  • Port USB 2.0, USB 3.0, HDMI, D-Sub, Audio In/out, Ethernet
  • Webcam
  • Card reader
  • Operation System Microsoft Windows 7 Home Premium 64
  • Daya Baterai 5200mAh
  • Ukuran (mm) 296x203x38
  • Berat (kg) 1.521
  • Berat+charger (kg) 1.67
Ukuran layar yang digunakan juga cukup nyaman karena menggunakan ukuran sebesar 12″ dengan resolusi 1366×768. Asus 1215B menggunakan layar glossy yang mungkin akan sedikit mengganggu saat penggunaan baik di luar maupun di dalam ruangan. Anda dapat meminimalisasikannya dengan menaikkan tingkat brightness. Viewing angle-nya juga tergolong baik karena layar tidak mengalami perubahan gradasi warna yang berlebihan jika dilihat dari sisi kiri dan kanan. Layar akan mengalami perubahan gradasi warna bila Anda melihatnya dari sisi atas.

Kelengkapan

Tampak depan
Tampak belakang
Power Port, D-sub, HDMI, USB2.0
audio in/out, USB2.0, USB3.0, Ethernet
Tampak bawah. Walau hanya mempunyai satu module penutup, praktek upgrade dapat dengan mudah dilakukan.
Walaupun mempunyai bentuk yang portable, Asus Eee PC 1215B menyertakan satu port USB3.0. Selain port USB3.0, di sisi kanan Anda akan menemukan port HDMI sehingga notebook ini dapat menjadi perangkat hiburan portable untuk menjalankan film HD hingga resolusi 1080p yang disambungkan ke layar LCD TV berukuran besar.
Keyboard dengan desain tuts chiclet.
Untuk desain keyboard, Asus EeePC 1215P menggunakan tuts berbentuk chiclet. Desain tersebut terasa ergonomis dan cukup empuk. Fungsi klik kiri dan kanan juga terasa empuk ketika digunakan. Trackpad yang terpasang pun sudah mendukung fungsi multitouch. Kelebihan tersebut dapat memudahkan Anda untuk browsing, mengakses aplikasi multimedia, dan menjalankan aplikasi Office.

Kinerja

Kinerja yang ditawarkan oleh AMD Zacate E450 yang disertakan untuk menjadi sumber tenaga notebook ini cukup untuk menjalankan beberapa aplikasi menengah dan bawah dengan cukup lancar. Prosesor yang terpasang di notebook ini memang tidak sekencang notebook 14″ pada umumnya. Akan tetapi, Anda masih dapat menjalankan aplikasi yang biasa dipakai pengguna komputer (menulis menggunakan Word, browsing, atau mengakses situs dengan flash) dengan cukup lancar.

Baterai Life Rating

Browsing 5 Tab: tes online ini menggunakan browser FireFox dan me-refresh sebuah website secara bergantian dengan waktu yang telah ditentukan (contoh: website A refresh 30 detik, website B refresh 40 detik). Anda bisa menggunakan beragam website, mulai dari yang ringan sampai yang menggunakan flash dalam jumlah yang cukup banyak.
Movie 720 WMV dan Movie 1080 MOV
Dari hasil pengujian, notebook ini berhasil menampilkan daya tahan yang cukup baik. Memutar video dapat dilakukan lebih dari empat jam secara nonstop. Sementara, browsing secara agresif dapat dilakukan hampir lima jam tanpa perlu melakukan charging. Tidak banyak berbeda dengan seri sebelumnya.

Transcoding

Dengan hasil tersebut, Anda dapat melakukan pekerjaan dengan cukup cepat. Anda tidak perlu berlama-lama menunggu hasilnya untuk dimasukkan ke perangkat gadget, baik itu tablet maupun smartphone.

Kinerja ATI Radeon 6320HD

ATI Radeon 6320HD yang menyatu di dalam prosesor Brazos ternyata tidak mampu menghasilkan nilai tinggi yang cukup untuk menjalankan game 3D. Bila Anda ingin bermain game 3D dengan lancar, Anda harus mendapatkan nilai minimal 3000 di 3DMark 2006. Akan tetapi, skor ini jauh lebih baik dibandingkan Atom (bahkan dual core sekali pun) yang hanya mencapai kisaran nilai 150-155 saja.

Kesimpulan

Asus Eee PC 1215B bisa menjadi pilihan yang tepat bila Anda sedang mencari notebook yang menyenangkan untuk diajak mobile. Selain mempunyai ketebalan yang tipis dan bobot yang ringan, notebook ini mempunyai layar yang cukup ergonomis untuk digunakan. Layar sebesar 12″ ini tidak akan membuat mata Anda lelah bila digunakan dalam jangka waktu lama. Kinerja yang ditawarkan notebook ini pun cukup baik untuk menjalankan aplikasi menengah dengan cukup lancar walaupun kinerjanya tidak terlalu jauh dari seri sebelumnya. Asus Eee PC 1215B juga dapat menjadi mesin hiburan yang memuaskan untuk menjalankan film HD 1080P.
Untuk harga, ternyata notebook ini dihargai tidak terlalu jauh dari seri sebelumnya. Berdasarkan informasi yang kami dapat dari salah satu online shop Indonesia, Asus Eee PC 1215B dibanderol dengan harga Rp3.450.000,- tanpa operation System

Kelebihan

  • Dimensi sedang dan tipis.
  • Adaptor ringan.
  • USB3.0.

Kekurangan

  • Casing mudah kotor dengan bercak tangan.

Sumber: Jagat Review
Title: Review Singkat Netbook Asus EeePc 1215b 12"; Written by Deva Ardiansyah; Rating: 5 dari 5

1 comment: