Wednesday, October 2, 2013

Troubleshooting dan Perawatan Pada Mouse dan Keyboard

Mungkin sebagai pengguna komputer, kita pastinya akan menemui beberapa masalah (trouble) pada peralatan komputer kita. kali ini kita akan membahas beberapa troubleshooting yang sering terjadi pada Mouse dan Keyboard. Selain itu kita pun akan membahas tips-tips perawatan Mouse dan Keyboard. Lets Check It Out.

1. Troubleshooting Pada Mouse

Masalah sering dialami oleh mouse komputer yang menyebabkan mouse tidak dapat bekerja dengan baik atau bahkan mati total, antara lain:
  • Pointer dilayar tidak bergerak walaupun mouse sudah digerakkan ke segala arah. hal ini bisa terjadi karena tidak pas saat memasang konektor mouse ke CPU atau ada kabel mouse yang terputus.
  • Pointer bergerak tidak normal atau hanya bergerak horizontal atau vertikal. Biasanya, disebabkan oleh kotoran yang menempel pada roller yang menyebabkan bola tidak menggelinding dengan normal, sedangkan pada mouse optik biasanya disebabkan kerena kabel pangkal pada kepala mouse putus atau sensor optik sudah melemah,
Solusi:
  • Membersihkan bantalan kotoran yang terdapat pada roller sensor.
  • Membersihkan bola dengan air panas. 
  • Pada mouse optik: dengan mencoba menggerak-gerakkan kabel yang terdapat pada ujung kepala mouse dan memastikan jika lampu sensor masih hidup dengan terang.
  • Jika solusi tersebut tidak dapat memperbaiki kinerja mouse menjadi normal kembali, mouse harus diganti dengan yang baru.
Perawatan Mouse Komputer
Berikut ini adalah cara-cara perawatan mouse yang bisa dilakukan sendiri agar mouse komputer awet (umur)nya panjang:
  1. Jenis mouse optic tidak memerlukan perawatan yang berat, kecuali menjaga mouse agar tidak terkena air atau kabel terputus.
  2. Mouse jenis bola memerlukan ekstra-perawatan karena disela-sela pergerakan bola memungkinkan masuknya debu atau kotoran. Sebaiknya, sebulan sekali bola pada bagian bawah mouse dikeluarkan dan roller dibersihkan dari kotoran yang pasti sudah menggumpal.
  3. Pilih bahan yang keras untuk mousepad, misalnya plastic, jangan menggunakan bahan kain karena akan mempermudah debu dan kotoran menempel.
Troubleshooting pada Keyboard Komputer

Masalah pada keyboard biasanya disebabkan oleh terputusnya sambungan antara keyboard dan sistem ataupun oleh masalah pada keyboard itu sendiri. Kerusakan pada keyboard juga bisa disebabkan oleh kelalaian user/pemakai dengan menumpahkan minuman, makanan, atau yang lainnya pada keyboard. Adapun kerusakan yang sering terjadi pada keyboard, antara lain:
  1. Keyboard error saat menghidupkan computer
  2. Tombol pada keyboard tidak ada yang berfungsi
  3. Beberapa tombol pada keyboard tidak berfungsi. Hal ini biasanya disebabkan oleh debu/kotoran yang menempel pada jalur PCB keyboard atau bisa juga karena ada jalur pada PCB yang putus
  4. Penggandaan pada saat menekan salah satu tombol pada keyboard, misalnya saat mengetik tombol “d” menjadi “ddd”. Hal ini biasanya dikarenakan tombol pada keyboard sudah lemah atau terdapat kotoran yang menempel di dalam tombol.
Perawatan pada Keyboard Komputer
Berikut ini yang dapat dilakukan untuk merawat keyboard agar tetap awet:
  1. Harus sering membalikkan keyboard dengan posisi bagian tombol ke bawah dengan digoyang-goyang, agar kotoran yang ada di celah-celah antara tombol jatuh
  2. Minimal tiga bulan sekali keyboard harus dibersihkan dengan mengoleskan cairan khusus computer dengan lap atau kuas yang halus
  3. Jangan meletakkan minuman dan makanan dekat keyboard untuk menghindari tumpahannya mengenai keyboard
  4. Jangan pernah mencongkel tombol keyboard dengan obeng saat pembongkaran. Hal tersebut akan menyebabkan engsel pengait tombol patah.
Terima kasih telah membaca Artikel ini. Baca Artikel tentang troubleshooting lainnya disini.

Title: Troubleshooting dan Perawatan Pada Mouse dan Keyboard; Written by Deva Ardiansyah; Rating: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment