Thursday, October 17, 2013

Mari Mengenal Lebih Jauh Apa itu Software (Perangkat Lunak) Komputer!

Pembaca yang saya hormati, mudah-mudah artikel "Mari Mengenal Lebih Jauh Apa itu Software (Perangkat Lunak) Komputer?!" ini bisa menjadi tambahan ilmu dan pengetahuan bagi pembaca selian. Tujuan dari tulisan pada Artikel ini adalah menjelaskan kepada para pembaca mengenai peran, jenis, dan penggunaan perangkat lunak komputer. Semoga setelah pembaca membaca artikel ini, pembaca mendapatkan beberapa manfaat, diantaranya, pembaca dapat membedakan dan membandingkan perangkat lunak sistem dengan perangkat lunak aplikasi.
Software (perangkat lunak) adalah rangkaian instruksi elektronik yang memerintahkan komputer untuk melakukan tugas tertentu sesuia dengan perintah yang diberikan oleh seorang pengguna komputer, Rangkaian instruksi itu disebut dengan "program". Software juga dikenal dengan sebutan "perangkat atau piranti lunak komputer".
Fungsi Software (perangkat lunak):
  1. Membuat semua peralatan yang ada dalam seperangkat komputer dapat bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing.
  2. Sebagai sistem operasi untuk perangkat elektronik yang menggunakan basis sistem komputer.
  3. Sebagai media penghubung antara komputer dan pengguna agar terjadi kerja sama yang menghasilkan output sesuai dengan keinginan pengguna komputer.
Evolusi dan Perkembangan Software Komputer:
1. Era Pioner (1950-1960) 
Bentuk perangkat lunak pada awalnya berupa sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer. penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai dikerjakan komputer berupa print out. Proses yang dilakukan dalam komputer beruapa baris instruksi yang secara berurutan diproses, antara lain:
  • Proses batch
  • Distribusi terbatas
  • Pembuatan khusus
2. Era Stabil (1960-1980)
Komputer sudah banyak digunakan dan hanya terjangkau oleh kalangan industri dan perusahaan yang membawa pengaruh terhadap perkembangan perangkat lunak. Kemampuan multitasking dan multiuser sudah dikenal juga sistem basis data. Proses yang dilakukan oleh software pada era ini, antara lain:
  • Multitasking & Multiuser
  • Real Time (Bekerja dengan cepat)
  • Program database
3. Era Mikro (1980-1990)
Perangkat lunak pada era ini sudah berkembang untuk memenuhi kebutuhan individu. Harga perangkat lunak juga sudah terjangkau oleh individu. perangkat lunak dapat dibedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang digunakan secara langsung oleh penggunanya untuk keperluan tertentu. Otomatisasi yang ada didalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan. Oleh karena itu, perangkat lunak pada era ini mengalami perkembangan proses berikut:
  • Sistem mulai tersebar ke beberapa kalangan masyarakat.
  • Software mengalami kecerdasan yang mempermudah penggunanya.
  • Harga setiap Software mulai terjangkau oleh individu.
4. Era Modern (2000-tanpa batas)
Era modern merupakan era bangkitnya software dengan interface yang lebih familiar dengan penggunanya dan sudah tersebar ke semua peralatan yang sering digunakan pada masyarakat, bukan hanya terdapat pada seperangkat komputer. Telepon genggam saja sudah dilengkapi dengan perangkat lunak yang dapat disingkronkan dengan PC. Bahkan peralatan seperti telepon, TV, hingga mesin cuci, AC dan microwave, telah ditanamkan perangkat lunak untuk mengatur operasi peralatan tersebut. Lebih canggih lagi, setiap peralatan tersebut sudah dapat saling terhubung dengan menggunakan perangkat lunak. pembuatan perangkat lunak bukan lagi pekerjaan segelintir orang, tetapi menjadi pekerjaan banyak orang, dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam perancangannya. Tingkat keceradasan yang ditunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat. Selain masalah teknis, perangkat lunak sekarang sudah bisa mengenal suara, gambar, dan video. kecerdasan perangkat lunak pada era ini membuat proses perkembangannya semakin luas menjadi:
  • Media peralatan untuk jaringan PC.
  • Media perantara atau penghubung antara seperangkat elektronik yang berbeda.
  • Graphical user interface (GUI) yang semakin mempermudah user dalam penggunaan.
  • Media pembantu dalam menyelesaikan tugas pekerjaan penggunanya.
Pengelompokkan Berdasarkan Fungsi dan Kinerja
Pengelompokkan Software berdasarkan fungsi dan kenerja terdiri atas software sistem operasi, software aplikasi, dan software programming.
1) Software Sistem Operasi
Pengertian sistem operasi secara umum ialah pengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan sumber daya sistem komputer.
Fungsi Sistem Operasi
  • Sistem operasi berfungsi mengatur dan mengawasi penggunaan perangkat keras oleh berbagai program aplikasi serta para pengguna.
  • Sistem operasi berfungsi ibarat pemerintah dalam negara atau membuat kondisi komputer agar dapat menjalankan program secara benar. untuk menghindari konflik yang terjadi pada saat pengguna menggunakan sumber daya yang sama, sistem operasi mengatur pengguna mana yang dapat mengakses sumber daya. Sistem operasi juga sering disebut resource allocator.
  • sebagai program pengendali yang bertujuan menghindari kekeliruan (error) dan penggunaan komputer yang tidak perlu.
  • mengatur physical device dan menampilkan abstraksi mesin virtual aplikasi (interface aplikasi).
Disimpulkan bahwa penggunaan sistem operasi mempunyai tujuan:
  • Kenyamanan: membuat pengguna komputer menjadi lebih nyaman.
  • Efisien: Penggunaan sumber daya sistem komputer secara efisien.
  • Berevolusi: Sistem operasi harus dibangun sehingga memungkinkan dan memudahkan pengembangan, pengujian, dan pengajuan sistem yang baru.
Cara Kerja Sistem Operasi
saat ini, sistem komputer multiguna terdiri atas CPU (Central Processing Unit) dan sejumlah device controller yang dihubungkan memulai bus yang menyediakan akses ke memori. Setiap device controller bertugas mengatur perangkat yang tertentu (misalnya, disk drive, audio device, dan video display). CPU dan device controller dapat dijalankan secara bersamaan, tetapi diperlukan mekanisme sinkronisasi untuk mengatur akses ke memori. saat pertama kali dijalankan atau saat booting, terdapat program awal yang harus dijalankan. Program awal ini disebut program bootstrap. Program ini berisi semua aspek sistem komputer, mulai dari register CPU, device controller, sampai isi memori.
Interupsi merupakan bagian penting sistem arsitektur komputer. setiap sistem komputer memiliki mekanisme yang berbeda. Interupsi bisa terjadi jika perangkat keras (Hardware) atau perangkat lunak (Software) minta "dilayani" oleh processor. Jika terjadi interupsi, processor menghentikan proses yang sedang dijalankannya, kemudian beralih mengerjakan service routine untuk melayani interupsi tersebut. setelah selesai mengerjakan service routine, processor kembali melanjutkan proses yang tertunda.
Berdasarkan tampilannya atau interface, sistem operasi dapat dibedakan menjadi dua:
1) Command-line Interface
Yaitu sistem operasi yang masih menggunakan tampilan layar hitam-putih dan hanya berbentuk tulisan, tanpa ada gambar atau warna. Sistem operasi jenis ini hanya bisa dilakukan dengan menggunakan keyboard. biasanya, sistem operasi jenis ini hanya digunakan pada sistem operasi jenis UNIX dan DOS.
2) Graphical User Interface (GUI)
yaitu sistem operasi yang mempunyai tampilan menarik dengan adanya tulisan, gambar, dan tool sehingga mempermudah pengguna menggunakan sistem operasi ini. sistem operasi ini dapat dilakukan dengan menggunakan mouse dalam memilih menu atau mengeklik dokumen yang ingin dijalankan. Pada perkembangan saat ini, semua sistem operasi berlomba-lomba untuk membuat tampilan yang menarik dan memberikan kemudahan pada GUI para penggunanya. Sistem operasi yang menggunakan interface GUI ini dapat ditemukan pada sistem opeasi Windows, Linux, Macintosh, dan lain-lain.
Perkembangan Sistem Operasi
1) UNIX
Sistem operasi multiuser, multiprosesor, dan multitasking yang pertama kali dan tertua yang digunakan pada PC. Sering kali sistem UNIX menggunakan command-line interface, tetapi ada juga beberapa versi menawarkan fasilitas GUI. karena kurang user-friendly dengan pengguna komputer, sistem operasi ini jarang digunakan. Namun, karena memiliki sekuritas sistem yang bagus, sistem operasi jenis ini lebih sering digunakan pada komputer jenis server pada jaringan komputer. Perangkat lunak pendukung yang biasa dipakai dalam sistem operasi berbasis UNIX, misalnya sistem operasi BSD  dari Barkeley, X window System dari MIT, dan proyek GNU dari Free Software Foundation.
2) LINUX
LINUX sangat mirip dengan sistem UNIX karena kompatibelitas dengan UNIX merupakan tujuan utama desain proyek LINUX.
Perkembangan LINUX:
Dimulai tahun 1991, ketika mahasiswa Finlandia bernama Linus Torvlads menulis LINUX, sebuah kernel untuk prosesor 80386, prosesor 32-bit pertama dalam kumpulan CPU Intel yang cocok untuk PC.
Pada awal perkembangannya, source code LINUX disediakan secara bebas melalui internet. Hasilnya, sejarah LINUX merupakan kolaborasi banyak user dari seluruh dunia. semuanya dilakukan secara eksklusif melalui internet. Dari kernel awal yang hanya menginplementasikan subset kecil dari sistem UNIX, sistem LINUX telah berkembang sehingga mampu memasukkan banyak fungsi UNIX. Kernel LINUX perlu dibedakan dengan sistem LINUX. Kernel LINUX merupakan perangkat lunak orisinil yang dibuat oleh komunitas LINUX, sedangkan sistem LINUX, yang diketahui saat ini mengandung banyak komponen yang dibuat sendiri atau dipinjam dari proyek lain.
Masalah utama yang dialami LINUX dahulu adalah interface yang berupa teks (text based interface). hal ini membuat orang awam tidak tertarik menggunakan LINUX karena harus dipelajari terlebih dahulu untuk dapat mengerti cara penggunaannya (tidak user-friendly). Namun, keadaan ini sudah mulai berubah dengan kehadiran KDE dan GNOME. Keduanya memiliki tampilan desktop yang menarik sehingga mengubah persepsi dunia tentang LINUX. Pemanfaatan LINUX juga sudah diterapkan pada supercomputer, misalnya:
  • The Tetragrid, mega komputer dari Amerika yang dapat menghitung lebih dari 13 trilyun kalkulasi per detik (13.6 TeraFLOPS). Tetragrid dapat dimanfaatkan untuk mencari solusi masalah matematika kompleks dan simulasi, dari astronomi dan riset kanker hingga ramalan cuaca.
  • Evolocity, juga dari Amerika, dapat berjalan dengan kecepatan maksimum 9,2 TeraFLOPS (floating operation per second). Kemampuan tersebut menjadikan Evolocity sebagai salah satu dari lima supercomputer tercepat di dunia.
Jika melihat kedepan, kemungkinan LINUX akan menjadi sistem operasi yang paling dominan bukanlah hal yang mustahil. Dengan lebihan yang dimiliki LINUX, setiap hari semakin banyak orang di dunia yang mulai berpaling ke LINUX.
LINUX juga sering kali digunakan dalam lingkungan penyedia jasa internet (ISP). LINUX digunakan untuk membangun Word Wide Web (WWW) server, mail server, dan news server yang murah dan terjamin.
LINUX bisa didapatkan dalam berbagai distro yang merupakan bundel kernel LINUX, beserta sistem dasar LINUX, program instalasi, tools basic, dan program lain yang bermanfaat sesuai dengan tujuan pembuatan distro.
  • RedHat, distribusi yang paling populer, minimal di Indonesia. RedHat merupakan distribusi pertama yang instalasi dan pengoperasiannya mudah.
  • Debian, distribusi yang mengutamakan kestabilan dan keandalan, meskipun pengorbanan aspek kemudahan dan kemutakhiran program. Debian menggunakan .deb dalam paket instalasi programnya.
  • Slackware, merupakan distribusi yang pernah merajai dunia LINUX. Hampir semua dokumentasi LINUX disusun berdasarkan Slackware. Dua hal penting dari Slackware adalah bahwa semua isinya (kernel, library, ataupun aplikasinya) teruji. Mungkin agak tua, tetapi pasti stabil. Yang kedua, Slackware menganjurkan untuk menginstal dari source sehingga setiap program yang diinstal teroptimasi dengan sistem. hal tersebut merupakan alasan Slackware tidak mau untuk menggunakan binari RPM dan sampai Slackware 4.0, Slackware tetap menggunakan libc5 bukan glibc2 seperti yang lain.
  • SuSE, distribusi yang sangat terkenal dengan YaST (Yet another Setup Tools) untuk mengkonfigurasi sistem. SuSE merupakan distribusi pertama yang instalasinya dapat menggunakan bahasa indonesia.
  • Mandrake, merupakan varian distro RedHat yang dioptimasi untuk Pentium. Jika komputer kita menggunakan Pentium ke atas, umumnya LINUX bisa bekerja lebih cepat dengan Mandrake.
  • WinLinux, distro yang dirancang untuk diinstal di atas partisi DOS (Windows). Untuk menjalankannya, bisa diklik dari windows, WinLinux dibuat seakan-akan merupakan program aplikasi under windows.
Perbedaan Sistem Operasi LINUX dengan sistem operasi lainnya:
  • LINUX lebih murah dan dapat diperbanyak serta didistribusikan kembali tanpa harus membayar fee atau royalty kepada seseorang.
  • LINUX tersedia bagi semua orang sehingga setiap orang dapat terlibat langsung dalam pengembangannya. Kebebasan ini telah memungkinkan para vendor perangkat keras membuat driver untuk device tertentu tanpa harus mendapatkan lisensi source code yang mahal atau menandatangani non disclosure agreement (NDA). LINUX memungkinkan setiap orang untuk melihat ke dalam sistem operasi yang nyata dan berkualitas komersial.
  • LINUX tersedia secara bebas di Internet. Berbagai vendor telah membuat paket distribusi yang dapat dianggap sebagai versi kemasan LINUX. Paket ini termasuk lingkungan LINUX lengkap. Perangkat lunak untuk instalasi dan mungkin termasuk perangkat lunak khusus dan dukungan khusus.
3)DOS (disk operating system)
DOS
merupakan sistem operasi yang menggunakan interface command-line interface yang digunakan para pengguna komputer pada dekade tahun 1980-an untuk fasilitas booting komputer dan menjalankan beberapa aplikasi software, misalnya Ws dan Lotus. Masih banyak fungsi DOS yang digunakan pada zaman sekarang, terutama dalam menyelesaikan beberapa troubleshooting pada hardware komputer, walaupun sebenarnya bisa juga dilakukan pada sistem operasi berbasis GUI. Sistem operasi DOS dikenal juga dengan sebutan MSDOS karena dikeluarkan oleh Microsoft dan terus dikembangkan hingga beberapa versi. Berikut ini fungsi-fungsi Operating system (DOS).
  • Mengorganisasikan atau mengendalikan kegiatan komputer
  • Mengatur memori
  • Mengatur Proses input dan output data
  • Management file
  • Management Directory
4) Windows 3.x
Merupakan sistem operasi yang berfungsi sama dengan sistem operasi MS-DOS, tetapi sudah dikembangkan dengan menggunakan interface GUI sehingga membuat tampilan Windows 3.x ini tampak lebih menarik dan mudah dalam mengoperasikannya. Sistem operasi Windows 3.X mengalami perkembangan, mulai dari Windows 3.0 hingga windows 3.1.1 dengan mengembangkan fitur tool dan menunya. Hal tersebut lebih mempermudah pengguna sistem operasi ini.
5) Windows NTPerkembangan komputer jaringan membuat Microsoft untuk membuat sistem operasi yang didesain khusus untuk digunakan pada sistem jaringan komputer yang disebut Windows NT. Microsoft mengeluarkan 2 versi Windows NT, yaitu Windows NT SERVER dan Windows NT Workstation. Pada Windows jenis ini, sistem operasi sudah menggunakan interface GUI yang lebih mengutamakan keamanan sistem dan interaksi setiap user dalam kinerja transfer data dan informasi antara komputer yang ada pada sistem jaringan.
6) Windows 95,98, dan ME
Sistem operasi pertama yang dikeluarkan oleh microsoft yang berbasis GUI secara murni. Windows jenis ini sudah memiliki tampilan yang user-friendly dengan tampilan grafis dan warna yang menarik. Terdapat banyak komponen hardware dan software aplikasi yang mudah mendukung sistem operasi jenis windows 95,98, dan ME. Fasilitas internet yang diberikan sistem operasi windows 98 sudah canggih dan cepat sehingga banyak pengguna komputer menggunakan sistem operasi ini untuk kebutuhan browsing internet selain pekerjaan lainnya. Era Windows 98 juga dikenal sebagai era kebangkitan komputer di masyarakat umum di Indonesia karena sudah mulai berkembang software aplikasi dan game menarik dan mudah digunakan. Sistem operasi jenis ini harus didukung minimal oleh komputer sekelas Pentium 1, yang didukung juga dengan komponen yang stabil dengan sistem operasi ini.
7) Windows 2000 dan XP
Merupakan pengembangan jenis sistem operasi windows 98 dan windows NT yang digabungkan menjadi satu paket dengan memiliki tingkat kestabilan sistem dan keamanan yang lebih baik. Sistem operasi ini mulai berkembang di awal tahun 2000 dengan terus mengalami perbaikan sistem dan GUI sehingga user-friendly. Sistem operasi ini yang utama digunakan oleh masyarakat pada era 2000 sampai sekarang. Komputer jaringan dewasa ini juga sudah banyak menggunakan windows 2000 atau windows xp sebagai basis sistem operasi yang digunakannya. Perkembangan jenis windows ini disambut vendor software aplikasi untuk lebih mengembangkan produk sehingga lebih stabil dan mendukung untuk digunakan pada sistem operasi berbasis windows 2000 dan windows xp. Untuk mencapai maksimal penggunaan, sistem operasi ini harus didukung oleh komputer yang berkemampuan minimal sekelas pentium 4 dengan memori minimal 256 Mb. Spesifikasi hardware yang mendukung sistem operasi windows xp ini membawa microsoft membagi sistem operai windows xp dalam empat kategori. Yaitu:
  • Windows XP Home Edition
Digunakan untuk per orangan atau rumahan dengan aplikasi serta sistem sekuriti yang sederhana tanpa membutuhkan sistem multimedia yang canggih. Tidak diperlukan spesifikasi komponen komputer yang terlalu tinggi serta tidak membutuhkan biaya yang terlalu mahal.
Windows xp Profesional Edition
Sistem operasi yang dilengkapi dengan aplikasi bisnis dan aktivas mobile yang tinggi, dengan dukungan komponen hardware yang tinggi juga.
  • Windows XP Corporate Edition
Sistem operasi yang dilengkapi dengan aplikasi yang mendukung pekerjaan pada sistem perusahaan besar ataupun kecil dan sistem jaringan komputer dengan keamanan data yang lebih stabil.
  • Windows XP Starter
Merupakan sistem operasi versi Window XP yang menggunakan bahasa lokal dari negara yang tersebar edisi starter ini. harganya relatif murah dibandingkan edisi windows XP lainnya.
Terdapat juga beberapa keterbatasan dalam pengoperasiasn aplikasinya. Begitu juga dengan komponen PC-nya, yaitu memori maksimal yang diperbolehkan terpasang hanya 1 Gb dengan prosesor 32 bit AMD Duron, AMD Sempron, Athlon XP, Intel Celeron, Intel Pentium 3, atau Intel Pentium 4. Windows edisi ini tidak dijual secara ritel, hanya bisa didapatkan dalam bentuk OEM yang di-bunding bersama PC bermerk tertentu.
8) Windows VistaMerupakan pengembangan sistem operasi Windows XP yang memiliki GUI serta didukung dengan tambahan aplikasi yang lebih menarik. Oleh karena itu, pengguna sistem operasi ini harus didukung dengan peralatan hardware dengan performa high class. untuk mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dalam menggunakan Windows Vista, Microsoft membagi Windows Vista dalam tiga kategori. yaitu:
  • Good
Sistem operasi yang membutuhkan komputer performa high class minimal sekelas Pentium IV dan mutlak menggunakan minimal memori 512 Mb serta kartu grafis standar memori 256 Mb yang mendukung DirectX 10. Untuk ketegori ini, hasil tampilan grafis, stabilitas, dan performa yang kurang lebih akan sama dengan sistem operasi pada Windows XP yang dimasukkan dalam ketegori Windows Vista Home Basic.
  • Better
Digunakan untuk komputer yang dukungan kartu grafis yang sudah mendukung Windows Display Driver Model (WDDM). Kartu grafis yang memiliki driver WDDM ini mampu untuk menyajikan tampilan grafis yang lebih baik dibandingkan Windows XP. Namun dalam ketegori ini, masih akan merasakan Theme standard yang sama dengan kategori sebelumnya. Pengguna kategori better ini tetap belum bisa merasakan kenikmatan Fitur Windows Aero.
  • Best
KOmputer yang termasuk dalam kategori ini menggunakan kartu grafis yang mendukung DirectX 10 dengan pixel Shader 2.0, 32 bit per pixel dan WDDM. Bandwidth memori kartu grafis setidaknya harus mencapai 1800 Mb/s pada resolusi 1280 x 1024 pixel. Komputer akan lebih stabil jika didukung dengan komoponen yang sekelas minimal Pentium Core Duo dengan memori minimal 1 Gb.
Hanya komputer yang termasuk dalam kategori ini baru dapat menikmati fitur Windows Aero, Windows Flip, dan Flip 3D, yang merupakan fitur baru yang tersedia untuk Windows Vista Home Premium, Business, Enterprise, dan Ultimate.
Berikut ini pembagian jenis Windows vista sesuai dengan fitur yang dimiliki.
  • Windows Vista Home Basic
Merupakan Windows dalam posisi sebagai level entri yang memiliki fitur setara dengan windows Xp Home Edition. Segmen pasarnya adalah pengguna komputer rumahan dengan dana terbatas yang tidak membutuhkan dukungan multimedia yang canggih. Fitur Windows Aero yang cantik juga tidak disertakan pada edisi ini.
  • Windows Vista Home Premium
Sistem operasi ini telah menawarkan fitur yang lebih canggih dibandingkan Home Basic. Semua fitur yang ada pada Home Basic sudah terdapat pada Windows jenis ini, ditambah dengan fitur tambahan seperti dukungan terhadap HDTV, mobile dan tablet PC, layar sentuh, game premium, proyektor jaringan, Windows Aero, Windows Media Center, Windows Slideshow, dan burning DVD sehingga membuat edisi ini lebih tampil sempurna. Edisi HOme premium ini sangat cocok digunakan sebagai pusat multimedia, mengolah foto, video, mendengarkan music, menonton tv dan film. semua dapat dilakukan dengan mudah pada sistem operasi edisi ini. Kelemahan Home Premium terletak pada fitur remote Desktop yang hanya memiliki kemampuan bisa menerima koneksi tanpa bisa melakukan pengontrolan koneksi terhadap komputer lain.
  • Windows Vista Business
Merupakan sistem operasi yang mengarah ke segmen bisnis, baik untuk bisnis skala sedang, maupun kecil. Windows edisi ini setara dengan windows Xp Profesional dengan menyertakan semua fitur yang ada pada edisi windows premium, kecuali teknologi windows media center, Parental Control, Windows DVD dan Movie Maker HD. Pada Windows ini disertakan fitur-fitur bisnis semacam IIS, Fax, RMS (Right Management Services) Client, enkripsi file, backup dan recovery, Windows ShadowCopy dan sejenisnya.
  • Windows Vista Enterprise
Merupakan kelas pentium pada versi Windows vista Business yang lebih difokuskan pada kebutuhan organisasi dengan infrastruktur IT yang kompleks. Edisi Windows Vista Enterprise ini tidak dapat dibeli secara bebas dipasaran karena hanya tersedia bagi organisasi yang telah bergabung dengan Microsoft Enterprise Agreement ataupun software Assurance Agreement
  • Windows Vista Ultimate
Merupakan sistem operasi gabungan edisi Windows Premium dan Enterprise yang dapat menggunakan satu PC, baik untuk di rumah maupun dikantor. Keuntungan lainnya, terdapat fitur enkripsi kandar, Windows BitLocker, yang tidak tersedia pada edisi Home Basic, Home Premium, ataupun Business.
  • Windows Vista Starter
Sistem operasi jenis windows Vista yang menggunakan bahasa lokal dari negara yang tersebar edisi starter ini. Terdapat keterbatasan dalam pengoperasian aplikasinya, misalnya aplikasi maksimal yang dapat dijalankan sekaligus hanya tiga aplikasi. Konektivitas jaringan juga dibatasi. Pengguna edisi ini tidak akan bisa menerima koneksi dari komputer lain. Komponen PC juga dibatasi, yaitu memori maksimal yang diperbolehkan terpasang hanya 1 Gb dengan processor 32 bit AMD Duron, AMD Sempron, Athlon XP, Intel Celeron, Intel Pentium III, atau Intel Pentium 4. Windows edisi ini tidak dijual secara ritel, hanya bisa didapatkan dalam bentuk OEM yang di-bunding bersama PC merk tertentu.
9) Windows 7
Windows 7 merupakan produk sistem operasi (operating system) dari microsoft. Windows 7 merupakan pengganti windows vista. Windows 7 menawarkan berbagai fitur yang telah ada di versi windows sebelumnya, dengan adanya perbaikan dalam hal keamanan dan kompatibilitas software dan hardware, efektifitas resources komputer serta tampilan yang lebih menarik.
Namun ada beberapa kelemahan diantaranya software yang berbasis windows xp belum sepenuhnya bisa berjalan di Windows 7, beberapa hardware produl lama tidak mengeluarkan driver untuk windows 7, menyebabkan pengguna harus membeli produk (hardware) baru agar bisa berfungsi maksimal di windows 7.
10) Windows 8
Windows 8 merupakan Sistem Operasi yang dikembangkan dari Windows 7. Adapun kelebihan dari Sistem Operasi ini adalah:
(1). Start Tersembunyi
Bila selama ini Anda menggunakan sistem operasi Microsoft, pasti tombol ‘Start’ di pojok kiri bawah layar merupakan salah satu bagian yang paling familiar. Namun pada Windows 8, tombol ini ternyata disembunyikan. Selain hal tersebut, ternyata banyak perubahan lain yang dibawa Windows 8.
(2). Warna-warni
Alasan lainnya adalah banyaknya perubahan radikal yang disertakan dalam sistem operasi versi consumer preview ini yang telah dapat diunduh. Yang paling ramai diperbincangkan adalah desain antar-muka (interface) berupa Metro, yang serupa dengan tampilan pada Windows Mobile.
Pada start screen berlatar hitam ditampilkan kumpulan aplikasi atau profil dari teman dalam kontak pengguna dalam kumpulan kotak berwarna-warni. Anda dapat mengatur warna apa yang diinginkan atau memilih aplikasi apa yang ingin ditempel pada start screen ini.
(3). Seret saja langsung tertutup
Dengan tampilan Metro, banyak fungsi dalam komputer yang berubah banyak dari fungsi sebelumnya. Untuk keluar dari suatu aplikasi, misalnya, tak lagi harus mengklik tanda silang di ujung kanan atas layar. Tinggal menyeret dan membuangnya ke bawah layar.
Untuk berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain juga tak perlu melakukan dengan mengklik tab pada taskbar. Perangkat berlayar sentuh dapat melakukannya hanya dengan menggeser aplikasi dari ujung layar. Sedangkan untuk PC dengan mengklik kursor pada ujung kiri atas layar.
(4). CharmSalah satu fitur yang paling fundamental dalam Windows 8 adalah ‘Charm’, yang terdapat dalam berbagai aplikasi dan memiliki beberapa pilihan yang dapat dijalankan, seperti search, share, atau setting.
Charm dapat diaktifkan dengan mengarahkan kursor ke bagian ujung kanan layar atau menggesernya ketika menggunakan layar sentuh. Saat membuka file foto, Charm dapat diaktifkan dan pilih menu share untuk langsung membagi file ini melalui jejaring sosial maupun email.
Dalam sistem operasi ini Microsoft juga menyertakan Internet Explorer 10 dalam versi Metro dan versi desktop. Versi Metro tampil dalam satu layar penuh yang bersih dari berbagai toolbar dan dapat kembali ke halaman sebelumnya dengan cara menyeret halaman ke kanan atau ke kiri.
Dengan fitur Charm, yang juga tertanam pada aplikasi ini, fungsi pencarian membandingkan hasil pencarian antara Internet Explorer dan aplikasi lain. Contohnya, bila dimasukkan kata “Jakarta” hasil pencarian pada browser menunjukkan berbagai tautan mengenai kata itu. Sedangkan pada aplikasi Weather, keadaan cuaca di Jakarta bisa terlihat.
(5). Picture Password
Windows 8 juga menghadirkan fitur ‘Picture Password’, yaitu cara baru membuka kunci pada layar. Untuk menggunakan fitur ini, yang harus dilakukan adalah menyiapkan foto, lalu menyimpan pola berupa garis atau lingkaran di atasnya. Untuk mengaktifkan, tinggal menggambar pola yang sama di atas gambar tersebut.
(6). Ada ruang belanja
Microsoft menyadari bahwa saat ini perangkat yang dapat mengakses berbagai aplikasi merupakan daya tarik tersendiri. Karena itu, mereka menyertakan Windows Store, yang menyediakan berbagai aplikasi dan game yang dapat diunduh semudah pada versi smartphone.
Windows Store adalah tool aplikasi online yang memungkinkan pengguna mengunduh aplikasi secara gratis maupun secara berbayar.
"Ini pertama kali sepanjang sejarah Microsoft, kami punya Windows Store dalam sistem operasi kami,” ujar Presiden Direktur Microsoft Indonesia Andreas Diantoro, disela-sela peluncuran Windows 8 di Jakarta, baru-baru ini.
Pengguna Windows 8 kini dapat mengunduh aplikasi lokal maupun internasional melalui Windows Store.
(7). Layar SentuhSelain Windows Store, Windows 8 memungkinkan penggunanya menggunakan layar sentuh, papan tombol, maupun mouse.
Windows 7 kebanyakan menggunakan keyboard dan mouse.Windows 8 memberikan empowerment pada costumernya untuk bias touch, keyboard, dan mouse.
(8). Ukurannya Tidak besar
Windows 8 disebutkan dapat dijalankan pada perangkat dengan prosesor 1 GB dan memori 1 GB.
Pada dasarnya, semua yang pakai Windows 7 sudah bisa. Windows 8 size-nya lebih kecil dari 7.

2. Software Aplikasi (program aplikasi)
Pengangkat lunak yang khusus ditambahkan dalam sistem operasi yang ada untuk melakukan pekerjaan khusus sesuai dengan kebutuhan pengguna komputernya disebut software aplikasi. Untuk menambahkan program aplikasi pada sistem operasi, harus dilakukan penginstalan sesuai dengan prosedur yang dijalankan pada program aplikasi tersebut. Biasanya, setiap program aplikasi disertakan serial number yang harus diisi saat pengistalan. Berikut beberapa jenis program aplikasi yang terus berkembang.
a. Program aplikasi pengolahan data, tabel, dan database
Perangkat lunak aplikasi ini merupakan bagian perangkat lunak yang sangat banyak ditemukan dan terus berkembang. Sebelum tahun 1990-an, aplikasi yang dikenal adalah pemroses kata (Word star, Chi Write), Pemroses tabel (lotus 123, Quarto Pro), database (DBASE), dan hiburan (game). Saat ini, pemroses data, tabel, dan database telah dibundel menjadi aplikasi office dengan tambahan aplikasi untuk pembuatan presentasi. Contoh aplikasi office adalah Microsoft office yang terdiri atas Word (Pemroses kata), Excel (Pemroses tabel), Access (database), dan PowerPoint(presentasi).
b. Program Aplikasi Multimedia dan Internet
Aplikasi multimedia dan internet saat ini mengalami perkembangan yang sangat maju dan cepat. Contoh aplikasi multimedia adalah Winamp untuk memutar musik berformat MP3 atau CD Audio, Kemudian RealPlayer yang dapat digunakan untuk memutar film atau VCD, aplikasi untuk menjalankan film DVD, dan masih banyak program aplikasi yang terus berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi dewasa ini. Aplikasi Internet yang umum digunakan adalah browsing, e-mail, chatting, dan Messenger.
c. Program Aplikasi Desain Grafis
Aplikasi yang bersifat khusus membantu pekerjaan seorang desan grafis pada beberapa bidang disiplin pekerjaannya, misalnya AutoCAD (gambar struktur), Protel (gambar rangkaian elektronik), Adobe (pengolahan gambar dan foto), Corel (Pengolahan gambar vektor dan 2D), serta aplikasi pengolahan gambar dan animasi 3D, serta pada bidang perhitungan tingkat tinggi yang menggunakan program matlab (pemroses dan visualisasi persamaan matematis).
d. Program Aplikasi Utilitas
Aplikasi program yang berfungsi membantu atau mengisi kekurangan atau kelemahan sistem operasi yang digunakan. Misalnya, program aplikasi PC Tool yang dapat menjaga dan merawat kestabilan komputer dengan beberapa perintah, seperti clean disk, yaitu membersihkan komputer dari file yang tidak berguna, defrag register yang digunakan untuk mengatur file direktori yang ada pada register edit sistem operasi , dan perintah lain yang berfungsi mengoptimalkan kinerja komputer. Para vendor saling berlomba untuk membuat aplikasi jenis utilitas ini dengan kelebihan yang ditawarkan. Salah satu bentuk aplikasi yang unik dan terbaru adalah EasyRecovery, yang merupakan jenis aplikasi dengan kemampuan dapat mengembalikan kembali data yang telah terhapus pada media penyimpanan (Harddisk, Disket, dan Flash Disk). Beberapa aplikasi utilitas yang sering digunakan adalah Norton Utility, PC Tune-Up, CPUkiller, atau EasyRecovery.
e. Program Aplikasi Antivirus
Jenis program yang digunakan untuk menjaga, mendeteksi, bahkan menghapus program virus yang telah mengganggu kinerja sistem operasi. Virus selalu membuat tidak nyaman para pengguna komputer karena mengganggu aktivitas aplikasi yang ada pada sistem operasi. Biasanya virus dapat membuat aplikasi tidak bisa dijalankan, membuat beberapa file menjadi error, dan merusak file data penting. Untuk mengatasi terjadinya hal tersebut, para vendor software telah membuat beberapa program aplikasi anti virus yang disesuaikan dengan virus yang telah berkembang.
Beberapa aplikasi antivirus yang sering digunakan adalah Norton Antivirus, McAfee VirusScan, AVG Antivirus, Kaspersky, Avira, Smadav, atau Brontok Remover.
3. Software Programming (Bahasa pemrograman)
Efektif, kenyamanan, dan kemudahan dalam menggunakan aplikasi sesuai dengan kebutuhan, telah membuat para ahli pemrograman (Programmer), membuat aplikasi khusus yang digunakan untuk mengerjakan pekerjaan khusus sesuai dengan kebutuhan dan harapan pengguna komputer. Untuk membuat aplikasi khusus ini dibutuhkan aplikasi yang disebut "bahasa pemrograman". Hasilnya diterjemahkan menjadi kode mesin yang dapat dipahami oleh komputer. Berikut ini yang termasuk kedalam bahasa pemrograman.
a. Bahasa Mesin
Merupakan bahasa pemrograman generasi pertama dan tipe paling dasar bahasa pemrograman yang terdiri atas kumpulan angka yang dapat digunakan oleh hardware komputer. Untuk jenis hardware yang berbeda, bahasa pemrograman akan menggunakan kode mesin yang berbeda juga. Contohnya, IBM menggunakan bahasa mesin yang berbeda dengan Apple.
b. Bahasa Assembly
Merupakan bahasa pemrograman generasi kedua yang sedikit lebih mudah digunakan daripada bahasa mesin. Untuk membuat program aplikasi dengan bahasa assembly, programmer membuat kode yang akan diterjemahkan oleh komputer yang disebut dengan assembler.
c. Bahasa tingkat tinggi
Pemrograman pada bahasa tingkat tinggi ini lebih powerfull daripada bahasa assembly dan lebih mudah menulis kode programnya. Bahasa jenis ini dibedakan menjadi tiga generasi, yaitu:
1) Bahasa generasi ketiga/third-generation languages (3GLs)
Merupakan bahasa yang pertama menggunakan frase berbahasa inggris dan mempunyai kemampuan 3GLs portabel, yang aritnya kode objek dapat dibuat dan diterjemahkan untuk sistem yang berbeda.
bahasa pemrograman yang termasuk 3GLs adalah FORTRAN, COBOL, BASIC, Pascal, Bahasa C, Bahasa C++, Java, dan ActiveX.
2) Bahasa generasi keempat (4GLs)
Bahasa pemrograman jenis ini jauh lebih mudah daripada bahasa pemrograman 3GLs karena sudah menggunakan lingkungan berbasis teks atau visual sehingga pengguna komputer bisa menguasai aplikasi ini dengan mudah dan cepat.
Bahasa pemrograman yang termasuk dalam bahasa 4GLs adalah Visual Basic (VB),VisualAge, Authoring environments, dan lain-lain.
3) Bahasa Generasi kelima (5GLs)
Merupakan bahasa lanjutan atau perkembangan bahasa pemrograman 4GLs yang sudah menggunakan interface visul yang lebih user friendly. Namun, keberadaan bahasa pemrograman jenis 5GLs ini sering menjadi perdebatan pada kalangan programmer yang banyak tidak setuju bahwa generasi ini ada. Bahasa pemrograman 5GLs ini menggunakan artificial intelligence (AL) untuk membuat software sehingga 5GLs sulit direalisasikan.
Pelajari lebih lengkap tentang Virus Komputer disini.
Title: Mari Mengenal Lebih Jauh Apa itu Software (Perangkat Lunak) Komputer!; Written by Deva Ardiansyah; Rating: 5 dari 5

1 comment:

  1. thks sob untuk tipsnya, boleh di coba
    http://myagnetasoyamilk.com/

    ReplyDelete