Wednesday, April 4, 2018

Belajar lagi fungsi Logika IF pada Ms. Excel by PDK

Temen-temen, yuk kita belajar lagi fungsi logika (IF) pada Ms. Excel. Nah, untuk yang pertama, kita akan belajar fungsi if tunggal, dimana dalam fungsi ini hanya terdiri dari dua nilai. Yaitu: nilai jika benar dan nilai jika salah.

Struktur Rumus / Formula : =IF(logical_test;value_if_true;value_if_false)
=IF(Nilai yang diuji; nilai jika benar ; nilai jika salah)

Sebagai contoh Ilustrasi narasi :
Jika saya sehat, maka saya masuk kuliah, selain itu saya absen. Artinya masuk kuliah adalah nilai jika benar nya. kebalikan dari sehat adalah sakit, maka nilai jika salah nya adalah saya absen. dengan kata lain, jika saya sehat, maka saya masuk kuliah dan jika saya sakit, maka saya absen. oke, sampai sini cukup jelas ya ilustrasinya.
sekarang kita coba terapkan pada contoh soal

Disitu, ada dua nilai, yaitu LULUS dan TIDAK LULUS, dengan Logical test (syarat)/Cell B4 adalah nilai harus >= 60.
maka, rumus untuk mengisi cell C4 Adalah =IF(B4>=60; "LULUS"; "TIDAK LULUS")

Karena lulus dan tidak lulus itu adalah teks, maka harus menggunakan tanda baca (" "). Hasil dari pekerjaan diatas adalah sebagai berikut.


Oke temen-temen, selamat belajar dan mencoba. semoga bermanfaat. sampai ketemu lagi dipelajar berikutnya. salam


Title: Belajar lagi fungsi Logika IF pada Ms. Excel by PDK; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment