Sunday, September 15, 2013

Kuliah Dulu Atau Kerja dulu yang akan anda pilih?

Kuliah dulu Atau Kerja Dulu?

Pertanyaan ini pasti akan selalu ada dan pastinya muncul pada saat anak-anak lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK). Dari pada pusing dan bingung yang berkepanjangan, lebih baik kita bahas bersama disini. Pada dasarnya, entah itu mau kuliah dulu atau kerja dulu, keduanya tidak ada yang salah. Apapun keputusan yang anda ambil adalah keputusan benar. Yang penting adalah pilihan tersebut bisa dijalankan dengan sungguh-sunggh atau dengan sepenuh hati. Apapun keputusan yang diambil (kuliah atau kerja) bisa menjadi sebuah kesalahan yang fatal apabila anda tidak ikhlas atau tidak sepenuh hati untuk menjalaninya.
Berikut ini akan kita bahas bersama apa kelebihan dan kekurang masing-masing dari kuliah dan bekerja ;
  1. Kuliah
    Mungkin sudah tidak heran atau tidak aneh lagi jika orang setelah lulus SMA langsung melanjutkan kuliah, asalkan kuliahnya tersebut tidak terbentur biaya. Biasanya mereka langsung mendaftar di PTN atau PTS favoritnya baik melalui jalur Prestasi, jalur test (UMPTN) atau jalan pintas (nyogok-kalau jalur yang ini jelas-jelas tidak baik). Berikut ini adalah keuntungan-keuntungan apabila anda memilih untuk kuliah terlebih dahulu:
* Kampus adalah lingkungan tempat yang cocok untuk belajar dan menciptakan suasana belajar yang kondusif. Segala hal, mulai dari teori hingga praktik (eksperimen) dapat dilakukan ditempat ini. Dikampus manapun anda belajar, akan menghasilkan sesuatu apabila dijalankan sesuai dengan keinginan atau bakatnya. Lain halnya dengan lingkungan kantor(tempat kerja). Disitu anda dituntun untuk selalu bekerja dengan benar dan tidak melakukan kesalahan sekecil apapun.
* Dapat Ijazah, tentunya ini lah yang dicari oleh sebagian orang. Setelah kurang lebih 4 tahun kuliah, maka anda akan mendapatkan teori perkuliahan dan yang terpenting adalah ijazah. Ada juga orang yang kuliah yang niatnya hanya ingin dapat Ijazah saja untuk menunjang kariernya kedepan. Dengan ijazah tersebut, maka kemampuan anda diakui oleh negara (sebenarnya sih ijazah tidak selalu menjadi jaminan). Selain itu ijazah masih menjadi patokan rata-rata perusahaan dalam merekrut karyawan baru dibandingkan pengalaman kerja.
* Teman Kuliah sebagai Aset Masa Depan, dengan lingkungan kampus yang di dalamnya terdapat banyak orang dan waktu kuliah yang lebih sedikit dibandingkan saat bekerja(8 jam sehari) maka anda lebih punya banyak teman, baik itu teman belajar ataupun teman satu hobi. Dengan begitu, anda akan mudah membangun jaringan pertemanan dibanding bila sudah bekerja kantoran. Setelah lulus kuliah, anda akan mempunyai banyak kontak yang bisa anda hubungi untuk mencari kesempatan kerja atau bahkan bisa menciptakan pekerjaan dengan teman kuliah anda dulu.
info: mau kuliah gratis dan mudah mendapatkan pekerjaan. cari jawabannya disini.
2. Kerja
Berbeda halnya, apabila anda memulai dengan kerja terlebih dulu baru kuliah. Biasanya hal ini dilakukan secara simultan; bekerja untuk membiayai kuliah sendiri, sehingga saat lulus, selain ijazah anda pun sudah mendapat pengalaman kerja.
Beberapa keuntungan bila bekerja adalah:
*Belajar dari pengalaman; bekerja bisa dibilang membuktikan teori yang kita pelajari di kuliah, tanpa mempelajari teori mungkin kita akan lebih sulit dalam bekerja namun itu bukanlah sebuah kekurangan karena pengalaman adalah guru terbaik.
*Pengalaman kerja; sudah tentu bekerja memberikan pengalaman berbeda yang bisa menjadi keunggulan tersendiri dibanding mereka yang masih duduk dibangku kuliah. Mendapatkan pengalaman kerja, artinya selangkah lebih maju dibandingkan mahasiswa lainnya.
*Jenjang karir; setiap orang memulai jenjang karirnya dari bawah lalu perlahan naik. Bila anda memulai meniti karir lebih awal maka harusnya anda dapat mencapai jenjang atas lebih dulu dibandingkan orang lain. Berbeda dengan lulusan kuliah tanpa pengalaman kerja, biasanya mereka mesti meniti dari bawah.

Apapun pilihan anda; bekerja baru kuliah atau kuliah lalu bekerja, semua baik untuk dilakukan. Karena kesuksesan tidak selalu datang dari bangku sekolah dan ingat pula bahwa hanya sedikit orang yang putus sekolah atau tidak kuliah lalu sukses di dunia.
Intinya adalah kuliah untuk menunjang pekerjaan yang lebih baik, sedangkan bekerja untuk membiayai kuliah untuk tingkat lanjut. Namun jika pandai membagi waktu, lebih bagusnya lagi adalah kuliah sambil kerja. Contohnya saja, jika anda seorang lulusan sma kemudian bekerja sambil kuliah D3, maka ketika anda lulus D3, biasanya otomatis kantor memberi promosi jabatan atau naik jabatan. Begitupun selanjutnya S1 (naik jabatan lagi), namun kembali lagi, harus konsisten, saat bekerja, kuliah tidak dinomorduakan meskipun kerja jadi prioritas anda.

Oke semoga pembahasan kita barusan dapat bermanfaat bagi semua. Sampai jumpa di pembahasan kita selanjutnya.
Title: Kuliah Dulu Atau Kerja dulu yang akan anda pilih?; Written by Deva Ardiansyah; Rating: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment